Sabtu 02 Nov 2019 04:21 WIB

Genjot Ekspor, UMKM Perlu Bangun Branding

Saat ini pemerintah tengah fokus menggenjot ekspor produk UMKM.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Friska Yolanda
Barista meracik kopi di arena pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pro Temanggung di Pendopo Pengayoman, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (7/10/2019).
Foto: Antara/Anis Efizudin
Barista meracik kopi di arena pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pro Temanggung di Pendopo Pengayoman, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (7/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah berencana memacu ekspor produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Rencana ini akan ditindaklanjuti pemerintah dengan menyiapkan ketentuan standar global dan branding yang kuat bagi UMKM.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Dody Edward menyampaikan, paradigma perdagangan internasional selalu mengacu pada kualitas dan branding produk dari suatu negara. Untuk itu pihaknya saat ini tengah melakukan pembinaan agar UMKM dapat mengetahui lebih jauh tren perdagangan global.

Baca Juga

Buyer itu pasti lihatnya kualitas, karena yang namanya produk itu mencerminkan image suatu negara. Makanya ini penting agar branding ini diperhatikan (UMKM),” kata Dody kepada Republika.co.id, di Kemendag, Jakarta, Jumat (1/11).

Dody juga mengatakan perlunya pendampingan dan bimbingan kepada sektor UMKM untuk mendongkrak ekspor. Untuk itu pihaknya menyoroti sejumlah kendala yang dihadapi sektor UMKM, terutama terkait akses permodalan perbankan.