Ahad 03 Nov 2019 11:06 WIB

Tips Mengendalikan Diabetes

Selain faktor genetik dan pola makan, diabetes disebabkan kurang konsumsi sayur buah.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Pria melakukan pengetesan kadar gula darah atau diabetes.
Foto: EPA
Pria melakukan pengetesan kadar gula darah atau diabetes.

CEKNRICEK.COM -- Diabetes yang termasuk dalam Penyakit Tidak Menular (PTM), diketahui telah menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Mengacu pada Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2018, estimasi jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai lebih dari 16 juta orang. Angka tersebut kemungkinan besar berpotensi memicu penyakit lain seperti serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, upaya efektif untuk mencegah dan mengendalikan diabetes harus difokuskan pada faktor-faktor risiko disertai dengan pemantauan yang teratur dan berkelanjutan dari perkembangannya karena faktor risiko umum PTM Diabetes di Indonesia relatif masih tinggi. Salah satu penyebabnya, 95 persen populasi masyarakat ternyata tidak cukup mengonsumsi buah dan sayuran yang diperlukan tubuh. 

Hal serupa juga dijelaskan oleh ahli gizi, Ariana Dewi, S.Gz. Ia mengatakan, selain faktor genetic dan pola makan, diabetes juga bisa disebabkan karena kurangnya konsumsi sayur dan buah. 

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan diabetes dikutip dari keterangan tertulis yang diterima redaksi, beberapa waktu lalu.  

Baca Juga: Konsumsi Gula Berlebih Dapat Mempengaruhi Kecantikan Kulit

Olahraga

Pada umumnya, penderita diabetes harus berusaha keras untuk selalu sehat secara fisik. Olahraga fisik memiliki efek membantu menurunkan kadar glukosa darah. Dengan kata lain, olahraga adalah cara paling efektif yang memungkinkan penderita diabetes menjaga kadar glukosa. 

Olahraga juga memberikan manfaat yang sama bagi mereka yang bukan penderita diabetes. Selain menjaga kebugaran, olahraga membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan dan daya tahan, meningkatkan tingkat energi, serta menumbuhkan suasana hati. 

Kurangi stres

Stres dinilai dapat membuat kadar gula darah naik. Ini karena hormon yang dihasilkan dalam tubuh saat stres dapat mencegah insulin bekerja dengan baik. Hindari stres dengan memperbanyak kegiatan yang Anda senangi seperti membaca buku, jalan-jalan, atau mendengarkan musik. Selain itu, lakukan berbagai teknik relaksasi dan cukupi istirahat. 

Konsumsi serat, sayuran dan buah yang Cukup

Apa yang Anda makan dapat memengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, menjaga asupan makan sangat penting bagi penderita diabetes. Dianjurkan untuk mengonsumsi banyak sayuran, buah, sumber serat yang cukup, ikan, dan mengurangi makanan mengandung gula tinggi, daging olahan, makanan olahan, serta makanan olahan yang asin. 

Jangan lupa untuk turut mengonsumsi biji-bijian utuh dan susu atau daging tanpa lemak serta hindari minuman dengan pemanis tambahan. Pelajari pula bagaimana menghitung ukuran dan porsi karbohidrat.

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement