Kamis 07 Nov 2019 06:20 WIB

Septic Tank Cepat Penuh Jika Toilet Sering Dipakaikan Karbol

Karbol dapat membunuh mikroorganisme yang ada dalam septic tank.

Rep: Febryan A/ Red: Andi Nur Aminah
Neni Sintawardani, peneliti LIPI
Foto: Twitter
Neni Sintawardani, peneliti LIPI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Neni Sintawardani, mengatakan, karbol atau cairan pembersih toilet dapat membuat septic tank cepat penuh. Sebab, karbol dapat membunuh mikroorganisme yang ada dalam septic tank. Padahal, mikroorganisme itu berfungsi untuk mengurai tinja menjadi air dan gas.

"Sudah tahu punya septic tank, tapi setiap hari bersihin WC pakai pembersih, ya matilah mikrobanya. Kasih karbol itu ya mati semua, akhrirnya septic tank tidak berfungsi. Makanya jadi cepat juga septic tank itu penuh," ujar Neni ketika dihubungi Republika di Jakarta, Rabu (6/11).

Baca Juga

Neni menyontohkan septic tank di rumah orang tuanya yang baru disedot setelah 25 tahun. Hal itu bisa terjadi, kata dia, lantaran tak menggunakan karbol untuk membersihkan toilet. Septic tank pun bekerja sebagaimana mestinya.

"Karena bekerja dengan baik, tinja jadi terurai menjadi air yang tak terlalu berpolusi. Airnya pun akhirnya meresap ke dalam tanah," ucapnya.

Neni menambahkan, setiap rumah tangga juga harus memperhatikan bahwa septic tank itu harus memiliki saluran buangan gas. Sebab, proses penguraian yang dilakukan mikroorganisme menghasilkan biogas yang didominasi gas metana. "Gas metana sendiri adalah gas yang mudah terbakar dan mudah meledak kalau terkena oksigen atau terkena api," ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Neni, saat membangun rumah pastikan tersedia ruang untuk septic tank dan juga buatlah saluran pembuangan gasnya. "Apakah setiap rumah tangga tau di mana letak septic tank-nya? Di mana letak saluran pipa buangannya? Kebanyakan kan tidak tahu, hanya ditimbun saja tanpa membuat saluran gasnya, itu berpotensi membuat ledakan," jelas Neni.

---

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement