Kamis 21 Nov 2019 09:03 WIB

MISUMI-VONA Dukung Optimalisasi Industri 4.0

Perkembangan industri manufaktur di Indonesia mampu menggeser peran commodity based.

Red: Fernan Rahadi
Industri manufaktur
Foto: Prayogi/Republika
Industri manufaktur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sektor Industri manufaktur merupakan ujung tombak industri di era Industri 4.0. Bagi Indonesia, fenomena Fourth Industrial Revolution (4IR) atau Revolusi Industri 4.0 memberikan peluang untuk merevitalisasi sektor manufaktur Indonesia dan menjadi salah satu cara untuk mempercepat pencapaian visi Indonesia untuk menjadi 10 ekonomi terbesar di dunia. 

Untuk merevitalisasi industri manufaktur, Indonesia berkomitmen untuk mempercepat implementasi 4IR. Terlebih, Indonesia menjadi basis industri manufaktur terbesar se-ASEAN dengan kontribusi mencapai 20,27 persen pada perekonomian skala nasional. Perkembangan industri manufaktur di Indonesia saat ini mampu menggeser peran commodity based menjadi manufacture based. 

Selain itu, industri manufaktur dinilai lebih produktif dan dapat memberikan efek berantai secara luas sehingga mampu meningkatkan nilai tambah bahan baku, memperbanyak tenaga kerja, menghasilkan sumber devisa terbesar, serta penyumbang pajak dan bea cukai  terbesar.

Sebagai bentuk komitmen dukungan terhadap sektor industri manufaktur tanah air serta suplai standar komponen industrial, produsen sekaligus distributor komponen standar untuk engineering terdepan PT MISUMI Indonesia terus berinovasi, salah satunya dengan platform B2B Commerce MISUMI-VONA (Variation & One-stop by New Alliance).

"Produk ini berupaya menciptakan hubungan global antara kebutuhan pelanggan akan layanan pengadaan yang efisien dan terpadu untuk berbagai produk dan merek," kata Presiden Direktur MISUMI, Koji Yamada, dalam siaran persnya, Kamis (21/11).

Selama ini MISUMI dikenal sebagai produsen sekaligus distributor komponen standar terkemuka dan kebutuhan industri manufaktur, di antaranya Komponen Otomasi Pabrik, Produk Wiring, Elektrikal & Kontrol, Peralatan Cutting & Processing, Perlengkapan Keselamatan & Umum, Penanganan Material & Penyimpanan, Perlengkapan Sanitasi & Lab.

Sebagai upaya memperkenalkan sekaligus menyosialisasikan platform MISUMI-VONA, MISUMI turut mengambil bagian dalam pameran manufaktur internasional terbesar di Indonesia yaitu Manufacturing Indonesia 2019: The 30th International Manufacturing, Machinery, Equipment, Materials and Service Exhibition yang akan diadakan di Hall D1-8602 JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 4-7 Desember 2019 mendatang. 

Dalam acara tersebut MISUMI akan mempromosikan peralatan mesin, otomotif serta pabrikan listrik. Beberapa produk yang akan dipromosikan antara lain komponen otomasi, listrik dan kontrol, penanganan dan penyimpanan bahan, keselamatan dan pasokan umum.

"Tidak hanya itu MISUMI juga mempromosikan layanan ONE-Stop Solution VONA sebagai solusi pemesanan tanpa distribusi berlapis, panduan Web Ordering System (WOS) untuk menikmati kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh MISUMI, e-katalog online yang menampilkan berbagai variasi produk dan merek, serta demo manfaat penggunaan CAD 3D MISUMI pada Designer/Engineer pembuat mesin," kata Yamada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement