Kamis 21 Nov 2019 12:32 WIB

Bahtiar Effendy Sosok Cendekiawan Muslim Berpandangan Tajam

Bahtiar Effendy tutup usia pada Kamis dini hari.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nur Aini
Prof Bahtiar Effendy.
Foto: Ist
Prof Bahtiar Effendy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua PP Muhammadiyah Bidang Ekonomi Anwar Abbas menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Prof Bahtiar Effendy. Menurutnya, almarhum adalah cendekiawan Muslim dengan pandangan dan analisa yang tajam.

Sehingga, kata Anwar, sosok intelektual Muslim yang merupakan dekan pertama Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu sering diundang untuk menjadi narasumber pada berbagai pertemuan ilmiah, di dalam maupun luar negeri. Almarhum Bahtiar juga adalah tokoh cendekiawan Muslim yang menduduki posisi sebagai ketua PP Muhammadiyah Bidang Hubungan dan Kerja Sama Luar Negeri periode 2015-2020.

Baca Juga

"Pak Bahtiar Effendy seorang dosen. Keahliannya dalam bidang ilmu politik. Buku-buku dan tulisan-tulisan hasil karyanya cukup banyak dan beberapa ditulis dalam bahasa Inggris," ujar Sekjen MUI itu kepada Republika.co.id, Kamis (21/11).

Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hubungan dan Kerja Sama Luar Negeri, Prof Bahtiar Effendy, tutup usia. Bahtiar yang merupakan Guru Besar FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu wafat pada usia 60 tahun di RSIJ Cempaka Putih, Jakarta, pada Kamis (21/11) dini hari.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, mengabarkan bahwa Bahtiar meninggal sekitar pukul 00.05. Kabar tersebut, menurutnya, berdasarkan informasi dari putri almarhum, Atia Ajani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement