Jumat 22 Nov 2019 01:40 WIB

Din Ungkap Mimpi Bahtiar Effendy yang Belum Terwujud

Bahtiar Effendy, Ketua PP Muhammadiyah tutup usia.

Red: Agung Sasongko
Bahtiar Effendy
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Bahtiar Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengungkapkan mimpi almarhum Bahtiar Effendy yang belum terwujud. Almarhum, menurut Din, menginginkan adanya partai politik Islam yang solid.

"Awalnya dia bersimpati kepada PPP karena sebagai partai yang mewakili umat Islam satu-satunya pada masa dahulu untuk menyuarakan aspirasinya, namun karena saat ini banyak partai Islam maka sulit terwujud," kata Din usai menghadiri pemakaman Bahtiar effendy di TPU Lemperes Kota Depok Jawa Barat, Kamis (21/11).

Din mengatakan komitmen Bahtiar Effendy kepada partai Islam sangat besar sekali karena saat ini banyak partai berbasis Islam maka sepakat untuk berkoalisi strategis antara partai Islam dan partai yang berbasis massa Islam.

"Ini yang belum kesampean atau mungkin susah untuk terwujud ya," kata Din.

Dikatakannya kekuatan politik Islam yang sesungguhnya sangat besar itu bisa bersatu bukan bercerai berai dan porak poranda seperti saat ini. "Itulah mimpi atau obsesi dari almarhum," jelasnya.

Din Syamsuddin juga mengungkapkan Almarhum Bahtiar Effendy merupakan salah satu penggagas berdirinya Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Kota Depok Jawa Barat.

"Sekarang dalam proses pembangunan mudah-mudahan dalam waktu dekat akan beroperasi," kata Din.

Din menjelaskan ketika itu kawan-kawan membuat proposal pendirian UIII yang dikomunikasikan dengan Jusuf Kalla ketika itu sebagai Wakil Presiden untuk meyakinkan Presiden Jokowi hingga Presiden ikut terlibat dan kemudian dipersiapkan oleh Kementerian Agama dan Kemenristek Dikti ketika untuk memulai proses pembangunan.

"Ini merupakan salah satu pemikiran besar almarhum," ujar Din

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ
Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

(QS. At-Taubah ayat 36)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement