REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG -- Ajang basket antarmedia dan perusahaan teknologi digital (e-commerce) bertajuk Sinar Mas Land Basketball Tournament (SMLBT) 2019, kembali digelar. Perhelatan Sinar Mas Land Basketball Tournament (SMLBT) 2019 berlangsung mulai 25 November sampai 1 Desember 2019 di Lapangan Basket The Breeze BSD City, Tangerang Selatan.
Gelaran basket jurnalis ini sudah tujuh kali dilaksanakan dengan dua di antaranya mengundang perusahaan digital. Terdapat 19 tim yang berlaga dengan komposisi sembilan tim dari grup media dan 10 tim dari perusahaan teknologi digital (e-commerce).
Panji Himawan selaku Corporate Communications & Public Affairs Division Head Sinar Mas Land memberikan apresiasi positif pada ajang basket yang sudah berjalan hingga tujuh kali sejak 2013.
"Ini adalah perhelatan yang ketujuh untuk basket media dan yang kedua perusahaan teknologi digital. Saya berharap turnamen ini bisa berjalan dengan baik tanpa ada halangan serta menjunjung sportivitas. Sebab, bila ajang ini berjalan tanpa kendala, perhelatan ini bisa berjalan terus setiap tahun," ungkap Panji saat acara pembukaan di lapangan The Breeze Arena, BSD City, Senin (25/11).
Lebih jauh Panji mengungkapkan, adanya perusahaan teknologi digital diharapkan bisa meningkatkan kualitas dari turnamen itu sendiri. Selain itu, melalui turnamen ini diharapkan bisa membuka jaringan, mempererat persahabatan dan memperoleh manfaat positif bagi media, perusahaan teknologi maupun Sinar Mas Land melalui olahraga basket.
Ketua Panpel SMLBT 2019 Erly Bahtiar mengatakan, pihaknya menyambut baik hadirnya tim dari perusahaan teknologi digital dan diharapkan bisa memberikan persaingan baru sekaligus memberikan nuansa persaingan yang lebih ketat dan seru. Seperti pada perhelatan sebelumnya, turnamen tetap memberikan kesempatan pada tim peserta memainkan satu pebasket mantan pemain nasional dengan batasan usia 40 tahun.
Aturan ini dilakukan agar pertandingan berjalan lebih seru dan meningkatkan kualitas dari turnamen. Sistem pertandingan menggunakan aturan dari PP Perbasi dengan format setengah kompetisi. Adapun tim yang berlaga dari kelompok media adalah ANTV, RCTI, Kompas Gramedia, Mahaka Group, MNC Media, Emtek, Kumparan, Transmedia dan Media Grup. Sedangkan dari kelompok perusahaan digital (e-commerce) ada Blanja.com, Blibli.com, Genflix, NTT, Google, Digital Hub, Grab Indonesia, Go-Jek, Shopee dan Tokopedia.
Pertandingan SMLBT 2019 dibuka tim basket Emtek mencatat kemenangan awal 36-14 atas Kumparan. Kemudian laga kedua memainkan RCTI yang mengalahkan ANTV 20-10. Pertandingan antar media ditutup penampilan tim basket Transmedia menundukkan perlawanan sengit Kompas Gramedia dengan skor 27-13.
Selanjutnya, laga awal perusahaan teknologi digital dibuka Digital Hub menang telak atas tim basket Google 35-13. Pertandingan antara NTT melawan Genflix sempat menemui overtime pada skor 29-29. Pertandingan seru ini ini akhirnya dimenangkan NTT dengan skor 35-32 atas Genflix. Laga berikutnya, tim Gojek sukses menundukkan perlawanan Tokopedia dengan skor 35-16. Kemudian tim basket Blibli.com mencatat kemenangan atas Grab 22-14 pada laga penutup babak penyisihan hari pertama SMLJBT 2019 ini.