Rabu 27 Nov 2019 21:18 WIB

Memahami Gaya Belajar Anak Memudahkan Guru Mengajar

Sudah menjadi keharusan guru untuk terlebih dahulu memahami siswa dalam belajar.

Rep: MGRol 05/ Red: Gita Amanda
Taman Impian Jaya Ancol menggelar talkshow bertema
Taman Impian Jaya Ancol menggelar talkshow bertema

REPUBLIKA.CO.ID, Memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada Senin (25/11) lalu, Taman Impian Jaya Ancol menggelar talkshow. Dalam acara tersebut, Syahnaz Haque salah satu pembicara memaparkan tips dan trik agar guru lebih didengar oleh murid saat belajar.

Syahnaz mengatakan, sudah menjadi keharusan guru untuk terlebih dahulu memahami siswa dan membuat mereka nyaman memulai pelajaran. Sebab jika sudah nyaman maka materi pelajaran akan lebih mudah tersampaikan.

Baca Juga

Syahnaz menjelaskan, gaya belajar anak berbeda-beda. Ia mengklasifikasikan dalam tiga hal yakni visual, audiotori dan kinestetik. Ketiganya memiliki cara pengajaran yang berbeda satu sama lain.

Syahnaz mencontohkan, anak audiotori lebih mudah belajar dengan penjelasan. Tak heran mereka umumnya lebih senang mendengar penjelasan temannya untuk menangkap pelajaran.

"Karena biasanya teman-temannya lebih jago membuat dia paham. Sementara yang kinestetik lebih senang melakukan praktik ketimbang teori," ujarnya saat berbicara di talkshow bertema "Guru Inspiratif: Dukung Anak Rajut Impian" di Sea World, Ancol, Rabu (27/11).

Menurut Syahnaz, jika setiap guru mau memahami gaya belajar anak maka kegiatan belajar mengajar tentu akan lebih menyenangkan. Guru juga akan lebih mudah menyampaikan materi pelajaran.

Syahnaz juga mengkritisi pemilihan kata-kata yang biasa digunakan guru saat menyampaikan pelajaran. Menurutnya akan lebih baik jika guru menyampaikan materi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

"Kalau semua bisa dilakukan (oleh guru), maka nafas akan lebih panjang dan muka lebih cerah," kata Syahnaz. Kegiatan peringatan Hari Guru dihadiri siswa Sekolah Rakyat Ancol (SRA), guru dan awak media.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement