Kamis 28 Nov 2019 06:47 WIB

Grandmaster Catur Indonesia Targetkan Emas di SEA Games

Turun di nomor catur kilat, Susanto menyatakan tak terpengaruh status grandmaster.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Grandmaster Catur Indonesia, Susanto Megaranto saat ditemui di upacara pengukuhan atlet SEA Games 2019 di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Rabu (27/11).
Foto: Republika/Muhammad Ikhwanuddin
Grandmaster Catur Indonesia, Susanto Megaranto saat ditemui di upacara pengukuhan atlet SEA Games 2019 di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Rabu (27/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grandmaster catur Indonesia, Susanto Megaranto, optimistis dapat meraih medali emas di SEA Games 2019 Filipina. Ia menyatakan, sudah mempersiapkan secara maksimal selama pemusatan latihan.

"Teman-teman juga sudah maksimal persiapannya. Kami optimistis bisa meraih emas," kata Susanto saat ditemui di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (27/11).

Turun di nomor catur kilat, Susanto menyatakan tak terpengaruh status grandmaster. Ia juga melihat peta persaingan yang ketat antara tiga negara seperti Indonesia, Vietnam, dan tuan rumah Filipina. "Lawan terberat mungkin Vietnam, ada grandmaster-nya. Setelah itu Filipina sebagai tuan rumah juga sulit," ujarnya.

Selain itu, atlet berusia 31 tahun itu juga enggan meremehkan lawan-lawannya yang berusia lebih muda. Sejak mewakili Indonesia di SEA Games 2003, Susanto tak pernah absen menjadi peserta dan mempersembahkan medali.

Hingga saat ini, Susanto sudah mengoleksi tiga medali emas dan medali perak yang tak ia hitung jumlahnya. Susanto berharap, tradisi medali dari cabang olahraga catur di semua nomor terjaga. "Ke depannya atlet junior harus lebih maju dan senior harus memberi bimbingan kepada atlet lainnya," jelas dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ
Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

(QS. At-Taubah ayat 36)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement