Kamis 28 Nov 2019 01:55 WIB

Kejari Garut Musnahkan Ribuan Butir Obat Terlarang

Ribuan butir obat-obatan terlarang yang terdiri atas 22 jenis dimusnahkan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Petigas melakukan pemusnahan produk ilegal.  (ilustrasi)
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Petigas melakukan pemusnahan produk ilegal. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut melakukan pemusnahan barang bukti hasil kejahatan yang disita selama 2019, Rabu (27/11). Terdapat ribuan butir obat-obatan terlarang berbagai jenis, juga narkotika jenis ganja dan sabu.

Kepala Kejari Garut, Azwar mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan berupa ribuan butir obat-obatan terlarang yang terdiri atas 22 jenis. Terdapat juga 1.151,38 gram ganja, dan sabu-sabu sekitar 1,5 gram. Selain itu, terdapat pula sejumlah senjata tajam, telepon genggam, dan uang tunai.

Baca Juga

"Untuk ganja dimusnahkan dengan cara dibakar. Sedangkan obat terlarang, kami rebus di air mendidih," kata dia.

Ia menyebutkan, pemusnahan barang bukti itu memang sengaja dilakukan secara terbuka. Hal itu dilakukan untuk menepis prasangka negatif masyarakat kepada aparat kejaksaan.

Menurut dia, ada saja pertanyaan masyarakat terkait barang bukti hasil kejahatan. Karena itu, lanjut dia, pemusnahan dilakukan secara terbuka dan disaksikan aparan kepolian, TNI, pemerintah daerah, juga media massa.

Azwar mengatakan, pemusnahan barang bukti merupakan agenda tahunan yang dilakukan Kejari. Namun, pada tahun ini jumlah barang bukti berkurang dari tahun sebelumnya. "Walau sedikit, tetap harus dimusnahkan karena sudah jadi sitaan negara," kata dia.

 

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement