Kamis 28 Nov 2019 18:19 WIB

Pemprov Jabar Gratiskan Iuran Bulanan 759 Ribu Siswa

Jumlah sekolah yang iuran bulannya di gratiskan di Jabar ada 835 sekolah.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Siswa salah satu sekolah di Depok, Jawa Barat (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Siswa salah satu sekolah di Depok, Jawa Barat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemprov Jawa Barat, sudah mengalokasikan anggaran Rp 1,4 triliun untuk membebaskan iuran bulanan peserta didik (IBPD) SMA sederajat tahun depan. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dewi Sartika, istilah yang digunakan adalah gratis iuran bulanan untuk sekolah negeri SMA/SMK/MA/SLB mulai Juli 2020.

"Nah nilai anggarannya itu Rp 717 miliar untuk enam bulan. Jadi kalau satu tahun kan dua kalinya atau sekitar Rp 1,4 triliun," ujar Dewi kepada Republika.co.id, Kamis (28/11).

Baca Juga

Dewi menjelaskan, jumlah sekolah yang iuran bulannya di gratiskan di Jabar ada 835 sekolah SMA sederajat termasuk SLB. Jumlah siswanya, sekitar 759 ribu orang. "Iuran bulanan yang digratiskan ini khusus SMA negeri. Kalau swasta ada lagi nama bantuannya beda," katanya.

Anggaran untuk iuran bulanan gratis ini, kata dia, akan langsung masuk ke rekening sekolah. Besarannya per siswa sekitar Rp 140 ribu sampai Rp 190 ribu per orang tergantung cluster sekolahnya. "Mekanismenya, kami sudah mencoba menyesuaikan dengan kebutuhan sekolah," katanya.