Kamis 28 Nov 2019 21:43 WIB

Bicara Ekonomi, Jokowi Kini Analogikan Film Cast Away

Jokowi menilai proyeksi gejolak ekonomi yang pernah ia sampaikan kini jadi nyata.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) berbincang dengan delegasi EU-ASEAN Business Council di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/11/2019).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) berbincang dengan delegasi EU-ASEAN Business Council di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (28/11). Salah satu poin penting yang disampaikan Jokowi adalah kesiapan Indonesia untuk menghadapi dinamika ekonomi global.

Jokowi memandang, 'proyeksi' gejolak ekonomi dunia yang ia sampaikan melalui pidato dengan perumpangan film 'Game of Thrones' dalam pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali tahun 2018 lalu kini menjadi kenyataan.

Baca Juga

Berlanjut ke kondisi perekonomian saat ini, Jokowi melihat perlu ada upaya yang dilakukan Indonesia untuk bisa menghadapi musim dingin, seperti yang ia kutip dalam pidato fenomenalnya tahun lalu.

Kali ini giliran film tahun 2001, 'Cast Away', yang dijadikan objek perumpamaan oleh Jokowi. Jokowi menilai, Pemerintah Indonesia bersama otoritas moneter dan fiskal perlu meniru daya upaya yang dilakukan oleh Chuck Noland, tokoh utama Cast Away, dalam bertahan hidup seorang diri di tengah pulau.