Jumat 29 Nov 2019 13:51 WIB

Dinilai Pelatih tidak Perawan, Atlet Gagal Ikut SEA Games

Shalfa Avrila Siani dipulangkan paksa oleh tim pelatih senam artistik SEA Games.

Red: Andri Saubani
[ilustrasi] Atlet senam artistik pada nomor balok keseimbangan.
Foto: BBC
[ilustrasi] Atlet senam artistik pada nomor balok keseimbangan.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Atlet senam artistik asal Kota Kediri, Shalfa Avrila Siani, gagal mengikuti ajang SEA Games 2019 di Filipina setelah dipulangkan paksa oleh tim pelatih dengan alasan yang menurut pihak keluarga tidak bisa dipertanggungjawabkan. Ayu Kurniawati, ibu kandung Shalfa, mengaku sangat kecewa atas apa yang menimpa anaknya itu.

"Ya kaget. Tidak nyangka dibuat sama pelatihnya, terus dilempar begitu saja. Tidak ada surat tidak pemberitahuan. Langsung disuruh ambil saja," kata Ayu kepada wartawan di Kediri, Jumat (29/11).

Baca Juga

Ayu mengungkapkan, di antara alasan pelatih memulangkan atletnya itu adalah Shalfa dituduh sering keluar malam dan selaput daranya sudah robek. Ayu tidak mau begitu saja memercayai alasan itu sehingga dia langsung memeriksakan anaknya ke Rumah Sakit Bhayangkara di Kota Kediri. Hasil tes menyimpulkan hymen intak, yang artinya selaput dara, atlet masih utuh.

"Saya merasa lega karena hasilnya masih virgin kata dokternya, tetapi pihak pelatih meragukan hasil itu. Katanya harus dites lagi di Rumah Sakit Petro," kata Ayu.