Ahad 01 Dec 2019 18:40 WIB

Konsolidasi Airlangga di Daerah Dipersoalkan Caketum Lain

Airlangga mengumpulkan ketua DPD I dan II seluruh Sumatra.

Rep: Arie Lukihardanti/ Red: Muhammad Hafil
Airlangga Hartarto
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Airlangga Hartarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengumpulkan pimpinan - pimpinan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar dari berbagai daerah. Konsolidasi itu yang diduga untuk memuluskan langkahnya sebagai calon Ketua Umum Golkar disoal calon ketua umum (caketum) Golkar yang lain.

Caketum Golkar Indra Bambang Utoyo menyebut, Airlangga pada Sabtu (30/11) telah mengumpulkan Ketua DPD I dan II seluruh Sumatra. "AH (Airlangga Hartarto) melakukan konsolidasi pertemuan untuk seluruh ketua DPD I dan II se Sumatera di Padang siang, sore terbang ke Bali untuk wilayah Timur," kata Indra saat dihubungi, Ahad (1/12).

Baca Juga

Airlangga, kata Bambang, kemudian mengumpulkan para pimpinan DPD di Bali. Pengumpulan itu diduga tak lain adalah untuk 'mengunci' dukungan para pimpinan DPD sebagai pemilik suara, agar mendukung Airlangga di musyawarah nasional (munas) partai Golkar.

Indra pun menilai, penjaringan dukungan ini seharusnya dilakukan saat munas. "Pasal 50 ART (aturan rumah tangga) Golkar juga menyebut semua proses dr penjaringan hingga pemilihan dilakukan di dalam Munas," kata dia.