Rabu 04 Dec 2019 03:23 WIB

Manfaat Battle Ropes dari Bakar Lemak Hingga Perkuat Jantung

Battle ropes hanya menggunakan seutas tali tambang berukuran 10 meter.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Latihan battle rope dapat membakar lemak hingga menguatkan jantung. (ilustrasi)
Foto: youtube
Latihan battle rope dapat membakar lemak hingga menguatkan jantung. (ilustrasi)

CEKNRICEK.COM -- Tali tambang atau battle ropes merupakan latihan olahraga yang bisa dijumpai dan kerap dilakukan di pusat kebugaran. Battle ropes dipopulerkan oleh John Brookfield, seorang pelopor pelatih kekuatan fisik pada tahun 2006. Olahraga ini semakin diminati banyak orang.

Terdapat empat gerakan yang dapat dilakukan dari olahraga ini, yaiuty whipping, slamming, dragging dan drumming. Bila dilakukan dengan teratur dapat membakar lemak, risiko cedera yang minim sampai memperkuat otot.

Latihan ini hanya menggunakan seutas tali tambang berukuran 10 meter dengan diameter 1-2 inchi dan terikat pada satu tiang. Bagi para pemula yang ingin mencoba battle ropes Anda dapat melakukan gerakan dasar.

Penasaran apa saja keuntungannya bila melakukan olahraga battle ropes? Simak ulasannya.

Membakar Lemak dengan Cepat

Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk melakukan olahraga ini, sehingga sangat cocok bagi perempuan aktif yang sibuk mengurus anak dan harus bekerja. 

Latihan ini mampu membakar lemak setidaknya 300-500 kalori per hari. Lakukan repetisi sebanyak 5 – 10 kali pada tiap gerakan whipping, slamming, dragging dan drumming, selama 3 – 4 kali dalam satu minggu. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Olahraga yang Disukai Kaum Milenial

Memperkuat Otot

Ketika Anda melakukan teknik whippingslammingdragging dan drumming secara bersamaan, maka semua gerakan ini tidak hanya efektif membakar lemak, tetapi juga mampu memperkuat otot-otot pada bagian bahu, bisep, dada dan paha.

Hasilnya, otot-otot akan terlihat lebih kencang serta berbentuk. Selain itu, latihan ini termasuk salah satu jenis olahraga kardiovaskular yang bermanfaat memperkuat aktivitas jantung. 

Memperkuat Tubuh

Meskipun battle ropes terlihat mudah, tapi latihan ini bermanfaat melatih kekuatan tubuh khususnya pada bagian tangan, bahu, pinggul, lutut, kaki, pergelangan kaki dan paha. 

Risiko Cedera Kecil

Olahraga ini terbilang aman untuk dilakukan para perempuan karena risiko cederanya tergolong rendah. Gerakannya cenderung stabil dan tekanan terhadap persendian lebih kecil.

Kondisi ini membuat aliran oksigen menuju jantung serta paru-paru bergerak secara konstan, tanpa takut terjadi penyempitan pembuluh darah atau bagian cedera otot. 

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: NadiaNabillah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement