Jumat 06 Dec 2019 10:54 WIB

Pembangunan Museum Seni Modern di Berlin Dimulai

Desainnya sempat jadi kontroversi, akhirnya Museum Seni Modern di Berlin mulai dibangun dengan peletakan batu pertama hari Selasa (3/12). Museum ini ingin bersaing dengan museum serupa di New York dan London.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Herzog & de Meuron
Herzog & de Meuron

Upacara peletakan batu pertama Museum Seni Modern (Museum der Moderne) di Berlin dilangsungkan hari Selasa (3/12), dihadiri Menteri Negara Kebudayaan Monika Grütters, Walikota Berlin Michael Müller. Museum ini akan didedikasikan untuk seni dari abad ke-20.

"Dengan Museum Seni Modern ini, sebuah ruang sedang dibangun di jantung ibukota, yang membuat pengalaman formatif abad terakhir tercermin dalam seni - dengan semua pergolakan, masa-masa gelap dan momen-momen indahnya," kata Grütters. "Koleksi seni spektakuler abad ke-20 di Nationalgalerie akhirnya akan ditampilkan di ruang yang pantas," tambahnya.

Baca Juga

Museum Seni Modern di Berlin ini rencananya akan rampung tahun 2026, dengan biaya sekitar 450 juta euro. Pembangunannya sempat tertunda-tunda. Awalnya museum baru ini direncanakan untuk selesai tahun 2021.

Baca juga: Sudah Tahu Ada Museum Vagina di London?