Selasa 10 Dec 2019 22:45 WIB

Parasite, Joker Raih Penghargaan American Film Institute

Parasite menjadi film asing yang raih penghargaan dari American Film Institute.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Film Parasite raih penghargaan American Film Institute.
Foto: IMDB
Film Parasite raih penghargaan American Film Institute.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- American Film Institute (AFI) telah menimbang 10 film teratas dan 10 acara TV tahun 2019 yang dianggap mewakili budaya dan artistik dari pencapaian paling signifikan tahun ini. Joaquin Phoenix dalam Joker termasuk dalam peraih penghargaan.

Baca Juga

Drama terkenal Sam Mendes World War I 1917, film dramatis Awkwafina dalam The Farewell, dan drama kriminal Martin Scorsese The Irishman juga berada dalam daftar film yang dirilis pada Rabu pekan lalu. Demikian pula penampilan menonjol sutradara Taika Waititi dalam Jojo Rabbit dan komedi Knives Out.

Sutradara Greta Gerwig juga meraih penghargaan lewat Little Women. Drama yang sutradarai Noah Baumbach, Marriage Story turut mendapatkan penghargaan.

photo
Joaquin Phoenix dalam Joker.

Sementara itu, Quentin Tarantino menyabet penghargaan lewat Once Upon a Time in Hollywood. Lembaga film lantas memberi kehormatan khusus untuk film thriller sutradara Bong Joon Ho, Parasite.

Dilansir USA Today disebutkan, di sisi TV, ada 10 program AFI unggulan, termasuk drama HBO Chernobyl, Succession, Game of Thrones, Veep, dan Watchmen. Netflix menerima penghargaan untuk drama kerajaan The Crown, sutradara Ava DuVernay lewat When They See Us, dan drama Unbelievable juga mendapatkan penghargaan.

photo
Episode 1 Chernobyl yang tayang di HBO.

Untuk FX, Fosse / Verdon dan Pose yang karya Ryan Murphy melengkapi daftar film TV peraih AFI. Komedi Fleabag dianugerahi penghargaan khusus. Perwakilan para penerima penghargaan akan berkumpul pada 3 Januari untuk penghargaan di AFI Awards tahunan di Los Angeles.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement