Jumat 13 Dec 2019 22:02 WIB

Hakikat Sabar Menurut Pengarang Kitab Kasidah Munfarijah

Sabar memiliki tingkatan-tingkatan tersendiri dalam kitab ini.

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Sabar merupakan salah satu keutamaan Muslim. Berdoa Ilustrasi
Foto: Antara
Sabar merupakan salah satu keutamaan Muslim. Berdoa Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, Kasidah Munfarijah. Kasidah ini merupakan salah satu amalan rutin yang sering dibacakan di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah, Sukorejo Situbondo. Santri Sukorejo biasanya melantunkan kasidah ini setiap bakda Shubuh dan santri kerap menyebutnya “Istaddiyan”.  

Salah satu santri Salafiyah Syafiiyah dan dosen Ma’had Aly Situbondo, Abd Wahid kemudian melakukan kajian secara mendalam terhadap kasidah tersebut. Hasil penelitiannya dituangkan dalam buku berjudul “Selama Datang Gundah!: Anotasi Kasidah Munfarijah" ini. Kasidah ini merupakan gubahan seorang sufi bernama Ibn Nahwi yang wafat pada 1119 Masehi. 

Baca Juga

Di antara yang ditekankan dalam buku ini adalah soal sabar. Sabar adalah ketahanan psikis terhadap apa saja yang tidak diskukai tabiat manusia.

Menurut Abdul Wachid, kesabaran adalah melawan kehendak tabiatnya. Level berikutnya adalah kesabaran dengan tidak mencintai hal-hal yang bersifat duniawi.

Menurut wahid, kesabaran dalam bentuk ini kelak melahirkan sikap zuhud. Sedangkan level teratas adalah kesabaran menghadapi musibah, malapetaka, dan bencana. 

Wahid mejelaskan, jalan menuju kesabaran ini terjal dan sukar dilalui karena hadiah bagi yang berhasil melaluinya sangat berharga, yakni sikap ridha, pasrah, dan berprasangka baik kepada Allah.

Jadi, menurut Wahid, banyak yang salah sangka bahwa kesabaran adalah jalannya orang-orang yang frustasi. Sejatinya, kesabaran adalah tahap awal, tengah, dan akhir dari suatu usaha. Kesabaran justru jalan bagi mereka yang optimis.

Sedangkan orang yang kesabaran dan rasa syukurnya seimbang adalah hamba terbaik. Kendati demikian, ujian dan musibah selalu mengganggu keseimbangan keduanya. 

Musibah besar yang bertubi-tubi acapkali membuat manusia lupa nikmat Allah yang tidak kalah besar dan melimpah. Misalnya, seorang pemuda yang merasa dunia sudah tamat lantaran cintanya tidak berakhir di pelaminan. Pemuda itu lupa bahwa dirinya masih menghirup oksigen dengan lega dan menerima anugerah Tuhan lainnya.  

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement