Senin 16 Dec 2019 13:33 WIB

Mana yang Lebih Sehat, Kopi atau Teh Hitam?

Teh dan kopi hitam mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan.

Red: Nora Azizah
Teh hitam mengandung antigen alkilamin dan tanin (Ilustrasi Teh Hitam)
Foto: pixabay
Teh hitam mengandung antigen alkilamin dan tanin (Ilustrasi Teh Hitam)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh dan kopi hitam memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik bagi kesehatan. Dua minuman ini juga menjadi favorit bagi sebagian orang. Namun, mana yang lebih menyehatkan?

Dilansir melalui Pinkvilla, Senin (16/12), meski teh dan kopi hitam memiliki kandungan antioksidan yang menyehatkan, ada perbedaan dari keduanya. Meski demikian, kandungan keduanya tetaplah berguna bagi tubuh.

Baca Juga

Menurut laman Pinkvilla, teh hitam tidak hanya tinggi antioksidan. Namun, teh hitam juga kaya akan polifenol, yakni sejneis antioksidan yang mamppu mencegah bahan kimia masuk ke dalam sistem.

Seperti diketahui, polifenol membantu memerangi plak penyebab bakteri, serta memperkuat tulang. Tak hanya itu, teh hitam juga mengandung antigen alkilamin dan tanin. Keduanya bisa memberikan kekebataln tubuh dan baik bagi usus.

Dibandingkan kopi hitam, teh hitam mengandung lebih sedikit kafein. Bagi mereka yang tidak bisa dengan asupan kafein tentu akan merasakan dampak cemas atau rasa khawatir berlebihan. Teh hitam merupakan minuman yang dianjurkan bagi penderita parkinson, alzheimer, dan diabetes.

Berbeda dengan teh hitam, kopi hitam memiliki kandungan kafein cukup tinggi. Itu sebabnya kopi hitam tidak disarankan bagi mereka yang suka oleharaga, sebab kafein yang tinggi buruk bagi kesehatan.

Sejumlah penelitian menyebutkan, minum secangkir kopi hitam di pagi hari bisa memang bisa meningkatkan kesehatan. Pasalnya, kopi hitam mengandung antioksidan tinggi, potasium, dan magnesium.

Bila siudah demikian, sebenarnya minuman mana yang lebih cocok untuk kesehatan? Ada baiknya minumlah kopi atau teh hitam sesuai kebutuhan. Bandingkan dulu kandungan dari setiap minuman untuk disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement