Selasa 17 Dec 2019 08:46 WIB

FKB UBSI Gelar Seminar Extensive Reading

UBSI bertekad mempersiapkan lulusan yang unggul dalam penguasaan bahasa Inggris.

Red: Irwan Kelana
Nara sumber dari CELS mengisi Seminar Extensive Reading yang diadakan oleh Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).
Foto: Dok UBSI
Nara sumber dari CELS mengisi Seminar Extensive Reading yang diadakan oleh Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menyelenggarakan seminar Extensive Reading dengan tema ‘Encourage Yourself to Read Extensively’. Kegiatan diselenggarakan di Aula UBSI Kampus Kalimalang, Jl. SMA Kapin No.292A, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta, Selasa (10/12).

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Prodi Bahasa Inggris jenjang diploma tiga (D3) dan Prodi Sastra Inggris jenjang strata satu (S1) UBSI. Seminar itu  mengundang Simon Staniland dari CELS (Complete English Language Solutions) sebagai nara sumber.

CELS merupakan layanan pelatihan Bahasa Inggris dengan pengalaman lebih dari 15  tahun melalui pendekatan budaya dan native speaker yang disediakan oleh CELS. CELS berlokasi di Epiwalk Suites A305 lantai 3 Komplek Rasunan Episentrum, Jakarta.

“Pesaingan global yang akan dihadapi oleh lulusan UBSI nantinya menuntut para mahasiswa UBSI mempersiapkan kompetensi, kemampuan dan akademik yang memadai termasuk kemampuan berbahasa internasional,” papar Agus Priadi selaku ketua Program Studi (Kaprodi) Sastra Inggris, dalam rilis yang diterima Republika.co.id

“UBSI bertekad mempersiapkan lulusan yang unggul dalam penguasanan bahasa Inggris.  Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan seperti ini,”  Agus menambahkan.

Dalam kegiatan ini, Simon menyampaikan beberapa jenis buku bacaan yang sangat terkenal di seluruh dunia dan menjelaskan mengenai strategi dalam mempermudah memahami buku bacaan.

“Di antara strateginya yakni Skimming, Scanning, Intensive, dan Extensive Reading yang menjadi judul besar dalam acara kegiatan seminar kali ini,” bebernya.

Mitranya  yang juga seorang trainer dari CELS, Jack, juga memberikan tips dan trik agar tidak malas untuk membaca terutama buku-buku berbahasa Inggris.

Yang menarik dari seminar dan workshop ini yakni Mr  Simon, Mr  Jack dan Mr Corner selalu mensisipi games dalam penyampaian materi mereka. Sehingga, mahasisiwa tidak merasa jenuh.

Agus berharap setelah kegiatan ini berlangsung,  mahasiswa yang hadir dapat lebih termotivasi dalam membaca buku-buku dalam berbahasa Inggris untuk dapat mengembangkan kosa kata bahasa inggrisnya.

“FKB berusaha menjadi fakultas yang memberikan pelayanan terbaik dan menyiapkan lulusan yang mampu bersaing nantinya proses meraih karirnya.  Walaupun,  seperti yang dikenal oleh banyak orang, bahwa kampus UBSI menonjol di bidang informatika dan komputernya,” papar Agus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement