Rabu 18 Dec 2019 17:45 WIB

Ford Tanam Modal 1,45 Miliar Dolar AS di Dua Pabrik Detroit

Pabrik itu dibuat Ford untuk membuat kendaraan listrik dan kendaraan otonom.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Friska Yolanda
Ford
Foto: EPA
Ford

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan otomotif Amerika Serikat (AS) Ford Motor Co berencana menanam modal di dua fasilitas manufaktur di Detroit. Tak tanggung-tanggung, perusahaan yang berbasis di Michigan itu menginvestasikan dana tak kurang dari 1,45 miliar dolar AS.

Seperti diwartakan Reuters, Rabu (18/12) kedua pabrik tersebut rencananya akan digunakan oleh perushaan yang didirikan Henry Ford itu untuk membuat kendaraan listrik, kendaraan otonom dan peralatan olahraga. Investasi tersebur sekaligus bakal membuka setidaknya 3.000 lapangan pekerjaan.

Ford mengatakan akan menginvestasikan sekitar 750 juta dolar AS di fasilitas Wayne di Michigan untuk membuat Bronco, kendaraan sport Ranger dan truk pickup. Pabrik tersebut diperkirakan bakal menyerap sekitar 2.700 pekerja selama tiga tahun ke depan.

Pembuat mobil kedua terbesar di AS itu juga berencana untuk menggelontoekan dana sekitar 700 juta dolar AS di pabrik Dearborn. Fasilitas itu akan dimanfaatkan untuk membuat kendaran listrik dan hibrida dari truk F-150. Pabrik tersebut kemungkinan akan mempekerjakan 300 orang mulai tahun depan.

Perusahaan akan mulai mengumpulkan sel baterai untuk versi hibrida dan listrik F-150 di fasilitas Dearborn. Ford sebelumnya mengatakan akan menginvestasikan 11 miliar dolar AS untuk membuat 40 model kendaraan hibrida dan listrik sepenuhnya pada tahun 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement