Kamis 19 Dec 2019 06:03 WIB

Jumlah Anggota Parlemen Muslim Inggris Cetak Rekor Baru

Meski banyak anggota parlemen Muslim, namun Muslim Inggris menghadapi islamofobia.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Jumlah Anggota Parlemen Muslim Inggris Cetak Rekor Baru. Foto umat Muslim menjalankan ibadah di salah satu masjid di London, Inggris (ilustrasi).
Foto: EPA
Jumlah Anggota Parlemen Muslim Inggris Cetak Rekor Baru. Foto umat Muslim menjalankan ibadah di salah satu masjid di London, Inggris (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Terlepas dari meningkatnya islamofobia, jumlah Muslim yang terpilih di parlemen Inggris justru mencetak rekor baru dalam pemilihan terakhir negara itu. Dilansir di TRT World, (Kamis 19/12), kandidat Muslim memenangkan 19 kursi dalam pemilihan umum pada 19 Desember 2019.

Angka itu empat lebih tinggi dari pada pemilu terakhir pada 2017. Namun, Muslim di Inggris jauh dari menjadi blok pemilih monolitik. Sebanyak 3,4 juta dari populasi mereka dianggap signifikan secara elektoral.

Baca Juga

Dari 220 perempuan yang terpilih ke parlemen, 10 orang adalah Muslim. Dari mereka yang terpilih, 15 adalah anggota Partai Buruh dan empat lainnya adalah Konservatif. Selama kampanye, Partai Buruh menurunkan 33 kandidat Muslim, sementara Partai Konservatif yang berkuasa mengajukan 22 kandidat.

Meskipun mencetak angka yang lebih meningkat di House of Commons, namun banyak Muslim Inggris yang merasa pesimistis tentang masa depan mereka di negara itu. Mereka justru khawatir setelah Boris Johnson dari Partai Konservatif memenangkan pemilu.