Kamis 19 Dec 2019 13:27 WIB

Pemerintah Siapkan KUR untuk Peremajaan Sawit 500 Ribu Ha

Total plafon KUR tahun 2020 yang dialokasikan pemerintah sebanyak Rp 190 triliun

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Perkebunan Kelapa Sawit, ilustrasi
Perkebunan Kelapa Sawit, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koordinator Perekonomian menyatakan akan mengalokasikan plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus untuk program peremajaan (replanting) kelapa sawit. Rencananya, total luas replanting sawit yang bisa mendapatkan pembiayaan KUR seluas 500 ribu hektare.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, dengan total plafon KUR tahun 2020 sebanyak Rp 190 triliun, plafon KUR untuk masing-masing sektor akan meningkat. Dengan kata lain, kebutuhan pembiayaan untuk replanting KUR sangat bisa terbantukan dengan pendanaan KUR perbankan.

Baca Juga

Namun, Airlangga mengaku, alokasi detail KUR khusus untuk replanting sawit masih dibahas oleh internal pemerintah. "Kami akan kembangkan KUR berbasis replanting sawit untuk 500 ribu hektare. Akan kita bahas anggarannya," kata Airlangga di Kementerian Koordinator Perekonomian, Kamis (19/12).

Airlangga menjelaskan, pemerintah juga tengah menyiapkan skema KUR untuk replanting karet. Namun, rencana tersebut masih dalam tahap pembahasan setelah KUR untuk sawit dimatangkan. Perluasan KUR untuk sektor komoditas perkebunan, kata Airlangga merupakan usulan langsung dari Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah.