Senin 23 Dec 2019 06:37 WIB

Shalat Sunah Berbakti kepada Orang Tua Dianjurkan

Shalat sunnah birrul walidain sebagai bentuk syukur dan menghargai jasa ayah dan ibu.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Shalat Sunah Berbakti kepada Orang Tua Dianjurkan. Shalat sunnah (ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Shalat Sunah Berbakti kepada Orang Tua Dianjurkan. Shalat sunnah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Islam, banyak sekali ritual ibadah shalat sunah yang dianjurkan. Salah satunya adalah shalat sunnah birrul walidain atau shalat sunah sebagai bentuk syukur dan menghargai jasa ayah dan ibu.

Shalat birrul walidain ini disunahkan dilakukan seminggu sekali setiap malam Kamis antara waktu shalat maghrib dengan isya. Hal ini sebagaimana yang dianjurkan agama dan disebutkan dalam kitab Khazinatul Asarar. Shalat sunah birrul walidain terdiri dari dua rakaat.

Baca Juga

Niat melaksanakan shalat ini adalah meminta kepada Allah akan kebaikan dan keselamatan orang tua kita. Memohon kepada Allah agar orang tua kita selalu mendapatkan keberkahan dalam hidupnya dan digugurkan segala dosa-dosanya.

Dalam Islam pun dikenal terdapat tiga amal perbuatan yang pahalanya tak akan pernah putus meski kita telah tiada di dunia, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak-anak shaleh yang mendoakan orang tuanya.

Untuk itulah, doa anak, atau ritual ibadah yang merujuk pada permohonan ampunan dan lindungan untuk orang tua kita kepada Allah SWT sangat diperlukan. Sebagai anak tentu saja, jasa-jasa orang tua terhadap kita tak akan pernah bisa berbalas. Namun ketulusan serta ketakwaan ibadah kita semoga dapat menjadi penerang jalan orang tua baik di dunia maupun di akhirat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement