Selasa 26 Apr 2022 05:05 WIB

Manfaat Baca Surah An-Naba Sangat Besar, Apa Saja?

Membaca surah an-Naba' memberikan manfaat bagi seorang hamba.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah
Membaca surah an-Naba mendatangkan kemudahan berziarah ke Makkah.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Membaca surah an-Naba mendatangkan kemudahan berziarah ke Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Surah an-Naba' adalah surah ke-78 dalam Alquran. Surah ini terdiri dari 40 ayat, dan termasuk dalam kelompok surah Makiyyah atau surah yang diturunkan pada periode dakwah di Makkah. Surat ini dinamai an-Naba', yang bermakna 'berita besar', diambil dari perkataan an-Naba' yang terdapat pada ayat 2 surah ini. 

Di dalam surah ini, Allah mewahyukan tentang Hari Kebangkitan (kiamat), kabar gembira bagi orang-orang yang beriman, dan ancaman bagi orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah. Pada dasarnya, membaca ayat Alquran akan mendapatkan pahala kebaikan dari Allah SWT. 

Baca Juga

Demikian pula dengan membaca surah an-Naba'. Surah an-Naba' memiliki beberapa keutamaan. Karena itu, dianjurkan untuk membaca surah ini setiap hari.

Dikutip dari buku berjudul "Mafatih al-Jinan; Kunci-kunci Syurga" karya Syekh Abbas Al-Qummi. Syekh Shaduq RA meriwayatkan, bahwa Imam Ja'far Shadiq AS berkata, "Barang siapa membaca surah 'Amma Yatasa'alun (an-Naba’) setiap hari, maka dia tidak akan keluar dari tahun itu kecuali dia telah berziarah ke Baitullah, Makkah."  

Selain keutamaan itu, membaca surah an-Naba' akan dilimpahi kenikmatan di hari kiamat. Seperti diriwayatkan Syekh Thabarsi, dari Ubay bin Ka'ab di dalam Majma' al-Bayan-nya, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa membaca surah 'amma yatasa'alun, Allah akan memberinya minuman yang sejuk di hari kiamat."  

  

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement