Selasa 24 Dec 2019 16:58 WIB

Pemkot Yogya Wacanakan Pengurangan Jumlah Tempat Sampah

Pengurangan jumlah tempat sampah untuk membiasakan wisatawan bawa sampah sendiri

Red: Esthi Maharani
Malioboro
Foto: Republika/ Wihdan
Malioboro

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta mewacanakan untuk mengurangi jumlah tempat sampah di Malioboro sebagai upaya membiasakan wisatawan untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang mereka bawa.

“Harapannya, muncul kesadaran dari wisatawan untuk tidak mudah membuang sampah tetapi bertanggung jawab terhadap sampahnya. Mereka membawa sampah sampai ke tempat sampah yang sudah disiapkan,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Selasa (24/12).

Meskipun demikian, lanjut Heroe, wacana tersebut merupakan rencana jangka panjang karena membutuhkan persiapan dan koordinasi lebih lanjut dengan sejumlah instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta termasuk di Pemerintah DIY.

Heroe menambahkan, masalah sampah atau kebersihan di Malioboro menjadi tanggung jawab seluruh elemen di kawasan tersebut termasuk wisatawan. Penyediaan tempat sampah di sepanjang pedestrian Malioboro, lanjut dia, terkadang menyisakan sejumlah permasalahan, di antaranya, sampah yang tidak dimasukkan ke tempat sampah tetapi justru dibuang di sekitarnya sehingga mengotori lingkungan.