Rabu 25 Dec 2019 11:33 WIB

Jasa Marga Perkirakan 338 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta

Jasa Marga prediksi puncak arus balik Natal terjadi 2 hari pada hari ini dan besok.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ratna Puspita
Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat. PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik Natal 2019 akan terjadi selama dua hari mulai Rabu (25/12) hari ini dan Jumat (26/12) besok.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat. PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik Natal 2019 akan terjadi selama dua hari mulai Rabu (25/12) hari ini dan Jumat (26/12) besok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik Natal 2019 akan terjadi selama dua hari mulai Rabu (25/12) hari ini dan Jumat (26/12) besok. Corporate Communication and Community Development Jasa Marga Dwimawan Heru memperkirakan sebanyak total 338 ribu kendaraan akan kembali ke Jakarta pada masa puncak arus balik tersebut. 

"Kendaraan ini kembali ke Jakarta, baik dari arah timur melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama," kata Heru, Rabu (15/12). 

Baca Juga

Dia menjelaskan kendaraan tersebut juga akan menuju Jakarta melalui melalui GT Cikupa. Begitu juga bagi kendaraan dari arah selatan pada arus balik Natal 20019 akan melalui GT Ciawi. 

"Jumlah ini meningkat sekitar 43 persen dari lalu lintas harian normal sebanyak 234 ribu kendaraan," tutur Heru. 

Heru memprediksi lalu lintas tertinggi dari arah timur yang kembali ke Jakarta melalui GT Cikampek Utama. Dia mengatalam sebanyak 98 ribu kendaraan diprediksi melintasi GT Cikampek Utama yang naik 97 persen dari lalu lintas harian normal sebanyak 50 ribu kendaraan. 

Dia memastikan Jasa Marga sudah mempersiapkan beberapa langkah antisipasi peningkatan volume kendaraan pada arus balik Natal 2019. "Ini kami lakukan melalui penambahan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dengan menambah unit mobile reader," jelas Heru. 

Heru menuturkan khusus Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek), Jasa Marga menambah tiga Oblique Approach Booth (OAB) atau gardu akses menyerong. Penambahan OAB tersebut dilakulan di GT Cikunir 6 untuk pengguna jalan yang menuju ke arah Jatiasih Jalan Tol JORR.

Untuk memastikan kapasitas lajur, Heru menegaskan Jasa Marga juga berkoordinasi dengan kepolisian. "Tentunya dengan diskresi dan koordinasi dengan pihak Kepolisian akan terus melakukan rekayasa lalu lintas contraflow secara situasional," tutur Heru.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement