Selasa 31 Dec 2019 13:37 WIB

Dari Miliarder Hingga Fan, Ini Pemilik Klub Ternama Eropa

Real Madrid dan Barca dimiliki oleh penggemarnya melalui skema keanggotaan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto
FC Barcelona dan Real Madrid
FC Barcelona dan Real Madrid

REPUBLIKA.CO.ID, Media di Eropa, AS, pada Selasa (31/12) merangkum informasi soal kepemilikan klub-klub terkenal di Eropa. Berikut ini adalah struktur kepemilikan dari beberapa klub sepak bola terkemuka di Eropa.

1. Italia

Juventus:

Keluarga Agnelli yang mendirikan grup motor Fiat tetap menjadi pemegang saham pengendali di Juve yang merupakan juara Italia selama delapan musim terakhir.

Inter Milan:

Perusahaan elektronik China Suning Commerce Group Co Ltd membeli hampir 70 persen saham dari Inter Milan dengan harga 270 juta euro pada tahun 2016. Hal ini merupakan pengambilalihan klub Eropa dengan harga tertinggi oleh sebuah perusahaan China.

AC Milan:

Hedge fund AS Elliott Management tahun lalu mengambil kendali AC Milan yang berutang dan menyuntikkan 50 juta euro untuk membantu menstabilkan keuangan mantan juara Eropa yang pemilik sebelumnya termasuk mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi.

2. Inggris

Manchester City:

Bagian dari City Football Group (CFG), mayoritas dimiliki oleh Sheikh Mansour Bin Zayed Al Nahyan plus investor China yang dipimpin oleh kelompok media dan hiburan CMC Inc yang memegang sekitar 12 persen dan ekuitas swasta AS Silver Lake hanya sekitar 10 persen.

Abu Dhabi United Group, perusahaan investasi yang dimiliki oleh Sheikh Mansour mempertahankan kepemilikan mayoritas setelah Silver Lake setuju pada November untuk membayar 500 juta euro untuk sahamnya. Ini menjadikan CFG grup sepak bola paling bernilai di dunia dengan banderol harga 4,8 miliar dollar AS. Investasi Abu Dhabi United Group juga termasuk New York City yang bermain di Major League Soccer (MLS) dan Melbourne City.

Manchester United:

Dibeli oleh keluarga Glazers, Amerika Serikat, seharga 790 juta pound 1 miliar dollar AS pada tahun 2005. Terdaftar di New York Stock Exchange sejak 2012 dengan Glazers mempertahankan kepemilikan mayoritas dari juara Inggris 20 kali. MU memiliki penilaian pasar saat ini sekitar 3,25 miliar dollar AS.

Liverpool:

Juara Eropa dan pemimpin Liga Primer ini telah dimiliki oleh Fenway Sports Group setelah kesepakatan 300 juta pound sejak 2010. Fenway juga memiliki tim Bisbol Liga Utama Boston Red Sox.

Arsenal:

Miliarder Amerika Serikat dan pengusaha olahraga Stan Kroenke membuat kesepakatan untuk mengambil kendali penuh Arsenal pada 2018 dengan membeli dari pengusaha Rusia Alisher Usmanov. Kroenke menghargai klub Liga Primer Inggris ini sekitar 2,3 miliar dollar AS.

Chelsea:

Miliarder Rusia Roman Abramovich membeli klub London itu dengan harga 140 juta pound pada 2003 dan sejak itu Chelsea menjadi makin kuat di Eropa.

3. Jerman

Bayern Muenchen:

Juara Jerman ini 75 persen dimiliki oleh para penggemarnya. Kemudian merek pakaian olahraga Adidas, pembuat mobil Audi, dan perusahaan asuransi Allianz, semuanya memiliki saham masing-masing 8,33 persen.

4. Spanyol

Real Madrid/Barcelona:

Kedua klub raksasa Spanyol ini dimiliki oleh penggemarnya melalui skema keanggotaan. Kedua klub secara teratur memiliki pendapatan tertinggi dari setiap klub sepak bola Eropa berkat daya tarik komersialnya.

5. Prancis

PSG:

Dimiliki oleh Qatar Sports Investments yang didirikan oleh putra emir dan pewaris tahta Qatar Sheikh Tamim Bin Hamad Al Thani. Perusahaan itu membeli 70 persen saham PSG pada tahun 2011.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement