Kamis 02 Jan 2020 10:24 WIB

Generasi Milenial Ramaikan Dzikir Nasional

Generasi milenial memiliki resolusi untuk menjadi agen perubahan pada 2020.

Red: Budi Raharjo
Sejumlah jamaah saat melaksanakan muhasabah akhir tahun pada acara Dzikir Nasional 2019 di Masjid Agung At- Tin, Jakarta, Rabu (1/1).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah jamaah saat melaksanakan muhasabah akhir tahun pada acara Dzikir Nasional 2019 di Masjid Agung At- Tin, Jakarta, Rabu (1/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Acara Dzikir Nasional 2019 di Masjid at-Tin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Selasa (31/12), tak hanya diikuti orang tua. Ada begitu banyak kalangan milenial yang memilih melewati malam pergantian tahun dengan berzikir.

Muhammad Risal (20 tahun) salah satunya. Menurut dia, merayakan tahun baru dengan bermain kembang api ataupun kegiatan hura-hura lainnya tak memiliki arti apa-apa. Justru, kata dia, itu malah rentan menjerumuskan diri pada perbuatan maksiat. "Makanya, untuk mengisi waktu yang kosong, saya datang ke acara ini," kata Risal di depan Masjid at-Tin, Selasa sore.

Baca Juga

Risal datang bersama belasan sahabatnya dari Kota Tangerang. Mereka tertarik mengikuti Dzikir Nasional 2019 yang diselenggarakan Republika karena Habib Jindan menjadi salah satu penceramahnya.

Hal serupa diutarakan Muhammad Nabil Rohim (20 tahun). Ia memilih datang ke acara Dzikir Nasional 2019 karena bermunajat kepada Allah jauh lebih bermakna daripada bermain kembang api. "Semoga ke depan acara semacam ini bisa ikut diselenggarakan juga di tempat-tempat lain," ucap Nabil.