Kamis 02 Jan 2020 10:57 WIB

Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi Normal

Runway di Bandara Halim Perdanakusuma sudah tidak tergenang air banjir.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Nur Aini
Sejumlah calon penumpang pesawat menunggu keberangkatan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (1/1).
Foto: Thoudy Badai_Republika
Sejumlah calon penumpang pesawat menunggu keberangkatan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (1/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sempat ditutup karena banjir, Bandara Halim Perdanakusuma kembali beroperasi. PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan, per hari ini Kamis 2 Januari 2020, Bandara Halim sudah kembali melayani penerbangan sipil.

Dibukanya kembali Halim Perdanakusuma pada hari ini setelah PT Angkasa Pura II melakukan pengecekan dan memastikan seluruh fasilitas, peralatan, dan runway sudah memenuhi aspek keamanan dan keselamatan penerbangan sehingga laik operasional. 

Baca Juga

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul penerbangan di Halim Perdanakusuma sempat dipindahkan ke Soekarno-Hatta. Pengalihan penerbangan berjalan lancar, dan pada hari ini Halim Perdanakusuma sudah kembali beroperasi normal," ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Kamis (2/1).

Adapun kondisi runway saat ini sudah tidak terdapat genangan air dapat digunakan penuh dengan dimensi 3.000 x 45 meter. Menurutnya, struktur kekerasan dan kekesatan runway masih memenuhi standar dan tidak ada kerusakan akibat genangan air.

Selain itu, Angkasa Pura II menyatakan tidak terdapat kerusakan lampu runway dan taxiway sehingga dapat digunakan dengan baik. PT Angkasa Pura II juga telah melakukan pengecekan dan pembersihan serpihan benda asing (foreign object debris/FOD) akibat material terbawa air.

Pada Rabu (1/1), Halim Perdanakusuma sempat ditutup demi keamanan dan keselamatan penerbangan karena terdapat genangan air di runway. Selama Halim Perdanakusuma ditutup, seluruh penerbangan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Selaku pengelola dua bandara tersebut, PT Angkasa Pura II mengimplementasikan konsep pengelolaan bandara Multi-airports system sehingga Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta saling mendukung sehingga pengalihan penerbangan dapat berjalan lancar.

"Dapat diinformasikan bahwa maskapai berjadwal yang beroperasi di Halim Perdanakusuma adalah Wings Air, Batik Air dan Citilink untuk sejumlah rute penerbangan," kata  VP Corporate Communication Yado Yarismano dalam keterangannya, Kamis. 

PT Angkasa Pura II mengimbau kepada penumpang pesawat agar memperhatikan informasi yang diberikan maskapai terkait penerbangan di Halim Perdanakusuma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement