Sabtu 04 Jan 2020 11:37 WIB

Tiga Mesin Pompa Kuras Banjir di Perumahan Green Ville

Pompa yang dioperasikan memiliki kapasitas 200 liter per detik.

Red: Ani Nursalikah
Tiga Mesin Pompa Kuras Banjir di Perumahan Green Ville (ilustrasi).
Tiga Mesin Pompa Kuras Banjir di Perumahan Green Ville (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banjir yang masih merendam Perumahan Green Ville yang berlokasi di Tanjung Duren, Jakarta Barat, dikuras dengan tiga mesin pompa.

"Kami memanfaatkan tiga mesin pompa untuk mengurasnya. Kalau tidak hujan lagi, semoga sore ini bisa bebas dari banjir," kata Koordinator Tim Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta yang menguras banjir di Gerbang Blok H Green Ville, Eko Deny, Sabtu (4/1).

Baca Juga

Pompa yang dioperasikan memiliki kapasitas 200 liter per detik. Dengan tiga mesin bisa dikuras sekitar 600 liter per detik.

Ketinggian air mulai surut saat dilakukan pengurasan. Pada 3 Januari 2020 tinggi air yang merendam sekitar Blok H Perumahan Green Ville mencapai satu meter.

"Sekarang kita perkirakan tinggal 50 sentimeter lagi, pompa akan dioperasikan terus sampai lokasi perumahan ini bisa kering," katanya.

Air banjir dibuang menuju mesin pompa Mangga Raya dan dari pompa itu diteruskan ke Kali Sekretaris. Perumahan Green Ville menjadi salah satu daerah yang masih terendam banjir di Jakarta Barat akibat curah hujan tinggi pada malam Tahun Baru 2020.

Beberapa titik di perumahan elite tersebut masih tergenang cukup tinggi hingga dua meter, seperti di Blok R, S, V, W, dan X. Rumah-rumah mewah itu tergenang banjir berikut mobil dan motor yang ada di garasi halaman. Bahkan depan rumah hingga nyaris tak terlihat bentuknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement