Ahad 05 Jan 2020 19:36 WIB

KM Permata Biru Tenggelam di Sumsel, Ini Penyebabnya

Nakhoda perintahkan ABK memompa, tapi air yang masuk makin besar.

Red: Agus Yulianto
Tim SAR kapal KN Trisula-P.111 melakukan evakuasi.
Foto: Foto: Humas Ditjen Hubla
Tim SAR kapal KN Trisula-P.111 melakukan evakuasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - Kapal patroli KN. Trisula P-111 milik Kementerian Perhubungan c.q. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  berhasil mengevakuasi Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Permata Biru yang tenggelam di perairan Sumatera Selatan. Kapal ini mengalami kebocoran dibagikan kamar mesinnya. 

Setelah mendapat laporan dari ABK KM Permata Biru bahwa kapal tersebut terdapat kebocoran dan membutuhkan pertolongan, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad memerintahkan KN. Trisula-P.111 dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) kelas I Tanjung Priok untuk langsung bergerak ke lokasi kejadian. 

"Alhamdulillah 5 orang ABK KM. Permata Biru berhasil dievakuasi seluruhnya dalam kondisi selamat. Selanjutnya seluruh ABK kapal dibawa oleh KN. Trisula-P.111 ke kantor KSOP Kelas V Muntok Bangka Barat," ujar Ahmad disela kunjungan kerjanya di Banjarmasin,  dalam rilisnya, Ahad (5/1).

Ahmad menjelaskan, berdasarkan laporan yang didapat, pada Sabtu (4/1) Kapal KM Permata Biru bertolak dari Pelabuhan Sinar Alam Permai Palembamg menuju Sungai Selan Bangka. "Pada pukul 22.00 WIB KM Permata Biru memutuskan untuk berlabuh di perairan Pulau Payung dikarenakan cuaca buruk," ungkap Ahmad. 

Selanjutnya, pada Ahad (5/1) pukul 04.00 WIB, kapal tersebut melanjutkan perjalanan menuju Sungai Selan Bangka. "Pada pukul 09.00 WIB Kepala Kamar Mesin (KKM) KM. Permata Biru melaporkan kepada Nakhoda bahwa telah terjadi kebocoran di kamar mesin, selanjutnya nakhoda memerintahkan ABK untuk melakukan pemompaan air dengan menggunakan 4 mesin pompa," kata Ahmad. 

Saat dilakukan pemompaan, Ahmad melanjutkan, air yang tergenang justru bertambah deras. "Dengan mempertimbangkan keselamatan, nakhoda memerintahkan seluruh ABK untuk menggunakan life jacket sambil menunggu pertolongan datang dari KN. Trisula P-111," ucap Ahmad. 

Ahmad mengatakan, pada pukul 09.30 WIB, KM. Permata Biru tenggelam pada posisi 02.14,580 S 105.02,773 E. Selanjutnya, Pukul 10.30 WIB KN Trisula-P.111 tiba di lokasi kejadian. "Setelah tiba, 5 orang ABK kapal KM Permata Biru berhasil dievakuasi dan selanjutnya dibawa ke kantor KSOP Muntok guna proses lebih lanjut," ujar Ahmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement