Selasa 07 Jan 2020 20:06 WIB

Nova Arianto Jadi Asisten Pelatih Timnas Shin Tae-Yong

Nova akan mendampingi Shin Tae-Yong selama setahun dengan opsi perpanjangan

Red: Agung Sasongko
Nova Arianto
Nova Arianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eks bek Persib dan Persebaya Nova Arianto resmi menjadi asisten pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-Yong. Nova menandatangani kontrak pada Selasa (7/1) di Kantor PSSI, Jakarta.

“Di dalam kontrak, saya akan membantu Shin Tae-Yong selama satu tahun dengan opsi perpanjangan,” ujar Nova, Selasa (7/1).

Menurut pria berusia 41 tahun itu, menjadi asisten pelatih Shin Tae-Yong menjadi kesempatan luar biasa untuk dirinya. Nova juga menyebut bahwa jabatannya tersebut menjadi tantangan besar dalam kariernya.

“Semoga saya dapat memberikan yang terbaik untuk membantu pelatih Shin Tae-Yong memajukan sepak bola Indonesia,” kata laki-laki yang semasa aktif bermain pernah memperkuat tim nasional Indonesia itu.

Meski demikian, Nova Arianto belum dapat memastikan di tim nasional mana dia akan membantu Shin Tae-Yong. Shin sendiri ditugaskan untuk menangani timnas senior dan U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Kepastian terkait hal tersebut baru diketahui saat Nova bertemu dengan Shin Tae-Yong bersama para asisten pelatih lainnya termasuk Indra Sjafri. “Pertemuannya mungkin berlangsung haru Kamis (9/1) karena pelatih Shin baru tiba di Indonesia besok,” tutur Nova.

Dengan demikian, sampai Selasa ini, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong sudah memiliki dua asisten pelatih asal Indonesia yakni Indra Sjafri dan Nova Arianto. Selain Indra dan Nova, Shin rencananya membawa beberapa asisten pelatih dari Korea Selatan.

Tentang Nova Arianto, penunjukkannya sebagai asisten pelatih timnas di masa Shin Tae-Yong membuat rekam jejaknya di persepakbolaan nasional semakin panjang.

Sebelumnya, pada 2019, Nova merupakan asisten dari pelatih timnas U-22 Indra Sjafri. Dia membantu Witan Sulaeman dan kawan-kawan merengkuh gelar kampiun Piala AFF U-22 dan merebut medali perak sepak bola putra SEA Games 2019.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement