Kamis 09 Jan 2020 01:29 WIB

Kemenag Sleman Luncurkan Inovasi SMILE

Inovasi SMILE menyediakan informasi keagamaan di Sleman.

Red: Ani Nursalikah
Kemenag Sleman Luncurkan Inovasi SMILE. Kantor Kemenag Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq.
Kemenag Sleman Luncurkan Inovasi SMILE. Kantor Kemenag Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meluncurkan inovasi layanan Sistem Manajemen Informasi Layanan Elektronik (SMILE) yang merupakan tindak lanjut Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang telah diwujudkan pada 2019, Rabu (8/1).

Peluncuran dilakukan Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun bersama Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) DIY Edi Gunawan dan Kepala Kemenag Kabupaten Sleman Saban Nurani bersamaan pada Tasyakuran Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama di Gedung Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman.

Baca Juga

"Dalam inovasi layanan SMILE, telah disediakan berbagai informasi tentang data-data, berita dan informasi keagamaan di Kabupaten Sleman," kata Kepala Kemenag Kabupaten Sleman Saban Nurani.

SMILE sebagai layanan mandiri Kemenag Kabupaten Sleman membantu juga bagi para karyawan Kemenag dalam berbagai kebutuhan, salah satunya mendapatkan surat tugas bagi kepala KUA untuk melaksanakan layanan nikah yang dapat menunjang profesinya. Saban juga menuturkan peluncuran SMILE juga bersamaan dengan peresmian RB-ZI Corner sebagai media literasi dan informasi mengenai institusi Kemenag.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menyampaikan apresiasi dan dukungan atas inovasi Kantor Kemenag Kabupaten Sleman dalam menciptakan aplikasi pelayanan online (daring) terpadu sekaligus mewujudkan layanan informasi RB-ZI Corner. "Dengan adanya layanan ini diharapkan dapat mendekatkan masyarakat dengan Kemenag sekaligus menghindarkan masyarakat dari informasi yang salah," katanya.

Ia mengatakan, kemajuan teknologi saat ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan yang mudah. Hal tersebut dinilai menjadi salah satu tantangan bagi instansi Pemerintah untuk terus berinovasi dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan publik.

"Saya mengimbau agar inovasi yang telah dikembangkan ini betul-betul dioptimalkan dengan menyediakan informasi yang aktual dan terus diperbarui," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement