Jumat 10 Jan 2020 18:28 WIB

Louvre Surabaya Menang pada Laga Perdana IBL 2020

Louvre mengalahkan BPD DIY Bima Perkasa Jogja dengan skor 81-71.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Para pemain Louvre Surabaya bertahan rapat membendung pergerakan Bima Perkasa Jogja pada pertandingan pertama Seri I IBL 2020 di GOR Sahabat, Semarang, Jumat (10/1). Louvre menang 81-71.
Foto: DOK IBL
Para pemain Louvre Surabaya bertahan rapat membendung pergerakan Bima Perkasa Jogja pada pertandingan pertama Seri I IBL 2020 di GOR Sahabat, Semarang, Jumat (10/1). Louvre menang 81-71.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Tim Louvre Surabaya mengawali kiprahnya di kompetisi IBL Pertamax 2020 dengan apik. Louvre mengalahkan BPD DIY Bima Perkasa Jogja dengan skor 81-71 di GOR Sahabat, Semarang, Jumat (10/1).

Pelatih Louvre Andika Supriadi Saputra menurunkan menurunkan Martavious Irving, Dimaz Muharri, Daniel Timothy Wenas, Galank Gunawan dan Savon Rafryq Goodman sebagai starter. Sementara pelatih Raoul Miguel Hadinoto di kubu Bima Perkasa memainkan starter Nuke Tri Saputra, David Vincent Seagers, Frida Aris Susanto, Restu Dwi Purnomo dan Devin Richard Gilligan.

Baca Juga

Savon Goodman dan Daniel Wenas membuat Louvre unggul 4-0 yang dibalas Frida Aris Susanto untuk mencetak angka pertama bagi Bima Perkasa. Savon yang tangguh di paint area mencetak 11 poin untuk membawa Louvre memimpin 26-18 pada kuarter pertama.

Bima Perkasa tancap gas pada kuarter kedua. Devin Gilligan mencetak 15 poin di kuarter ini. David Seagers juga mulai panas dengan menuai delapan angka. Sebaliknya, Louvre membuat sembilan turn over pada kuarter ini. Sebuah lay up Gilligan membuat Bima Perkasa unggul 49-42 di babak pertama ini.

Kuarter ketiga pertandingan berlangsung ketat. Perlahan tapi pasti, Louvre mengejar ketinggalan hingga mendekat 50-54. Bima Perkasa mencoba mempertahankan keunggulan 56-50. Michael Ayodele Kolawele menjadi bintang Louvre pada kuarter ini dan membuat tim Surabaya berbalik unggul 59-58. Frida membalas, Bima Perkasa kembali memimpin 60-59. Dua dari tiga lemparan bebas Kolewale kembali membuat Louvre unggul 61-60 saat sisa kuarter ketiga di bawah satu menit dan bertahan hingga kuarter ketiga usai.

photo
Point guard Louvre Surabaya Dimaz Muharri

Kuarter keempat, Louvre makin panas. Mereka melesat 73-66 di lima menit awal kuarter terakhir. Pendukung Louvre yang hadir di GOR Sahabat sempat deg-degan saat Galank Gunawan fouled out setelah membuat lima pelanggaran. Posisinya digantikan Luthfianes Gunawan. Disusul kemudian Wendha Wijaya yang terpaksa keluar. Andika kemudian memasukkan Dimaz Muharri.

Tapi Dimaz tampil tak tenang dan membuat beberapa turn over. Andika menarik Dimaz dan menggantikannya dengan Samuel Benedict Pelmelay. Perubahan komposisi Louvre ini tak bisa dimanfaatkan oleh Bima Perkasa. Beberapa serangan yang dikreasi tak bisa dituntaskan dengan maksimal, padahal posisi para pemain Bima Perkasa sudah bebas. Louvre akhirnya menutup gim perdana mereka dengan kemenangan 81-71. 

Savon Goodman mencetak double double dengan 28 poin dan 19 rebound. Kolewale menambah dengan 20 angka, Martavious Irving mencetak 13 poin. Di kubu Bima Perkasa, Gilligan menyumbang 24 angka, Nuke Saputra mengemas 13 poin dan David Seagers menyumbang 10 poin.

"Gim pertama selalu sulit. Saya bersyukur tim kami bisa menang. Kami terlalu banyak turn over karena kurang sabar. Babak kedua saya memberi motivasi, harus yakin bisa ambil dan jangan panik," kata Andika usai pertandingan.

photo
Pelatih Louvre Surabaya Andika Supriadi Saputra memberikan instruksi kepada timnya.

Pemain Louvre yang kembali bermain di IBL setelah pensiun empat tahun dari kompetisi basket tertinggi di Tanah Air, Dimaz Muharri mengaku bermain terburu-buru. "Harusnya lebih tenang. Saya berjanji akan lebih baik di gim berikutnya," ujar Dimaz.

Asisten pelatih Bima Perkasa Moosa Permadi menyatakan, kekalahan timnya akibat terlalu banyak membuat turn over, kurang agresif serta kurang komunikasi. Banyak foul tak perlu dibuat Bima Perkasa yang dinilainya menguntungkan Louvre.

"Saat Galank keluar, anak-anak tidak jalankan game plan. Mereka bermain sendiri-sendiri. Itu yang menyebabkan kami kesulitan mencetak angka. Selain itu kami juga off day, beberapa tembakan yang semestinya masuk terus meleset," kata Moosa.

David Gilligan mengakui ia dan rekan-rekannya tak dalam permainan terbaik. "Benar, kami off day. Tapi kami harus segera bangkit pada pertandingan berikutnya pada Minggu. Saya berharap kami bisa memetik hasil lebih baik," kata David.

Bima Perkasa akan menghadapi Satria Muda Pertamina pada Ahad (12/1). Adapun Louvre akan menantang Prawira Bandung pada Sabtu (11/1).

Jadwal IBL Seri I Semarang

Jumat, 10 Januari 2020

15.00 WIB, Bima Perkasa vs Louvre

17.00 WIB, NSH vs Satria Muda

19.30 WIB, Satya Wacana vs Amartha Hangtuah

Sabtu, 11 Januari 2020

13.00 WIB, Pacific Caesar vs Indonesia Patriots

15.00 WIB, Louvre vs Prawira Bandung

17.00 WIB, Amartha Hangtuah vs NSH

19.00 WIB, Pelita Jaya vs Satya Wacana

Ahad, 12 Januari 2020

12.00 WIB, Satria Muda vs Bima Perkasa

14.00 WIB, Prawira Bandung vs Amartha Hangtuah

16.30 WIB, Indonesia Patriots vs Pelita Jaya

19.00 WIB, Satya Wacana vs Pacific Caesar

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement