Sabtu 11 Jan 2020 01:14 WIB

7 Cara Mudah Mengumpulkan Lebih Banyak Uang pada 2020

Ingin kumpulkan lebih banyak uang tahun ini?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Manajemen keuangan dan investasi (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk bisa mengumpulkan lebih banyak uang pada tahun ini.
Foto: Republika/Prayogi
Manajemen keuangan dan investasi (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk bisa mengumpulkan lebih banyak uang pada tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sumber pendapatan tidak hanya berasal dari gaji bulanan pekerjaan resmi. Ada banyak cara mudah mengumpulkan lebih banyak uang pada 2020, seperti sejumlah kiat sederhana yang diulas oleh laman Which berikut.

- Daur ulang barang

Baca Juga

Mengumpulkan uang tambahan bisa dilakukan dengan cara daur ulang pakaian dan perangkat teknologi. Sejumlah jenama mode dan teknologi memberikan voucer cuma-cuma bagi konsumen, biasanya ditukar dengan busana atau gawai yang tidak terpakai.

- Jual barang secara daring

Barang yang tidak lagi berguna bagi Anda, bisa jadi dianggap harta karun oleh orang lain. Kumpulkan semua barang bekas pakai yang masih bagus, potret, kemudian tulis deskripsi menarik. Barang dengan mudah segera terjual secara daring.

- Sewakan barang

Tidak hanya menjualnya via situs-situs penjualan daring, menyewakan barang juga sangat mungkin menghasilkan uang. Kendaraan, gaun pesta, kamera, barang-barang rumah tangga, merupakan contoh barang yang cukup laris disewakan.

- Pekerjaan tambahan

Cari pekerjaan tambahan lewat internet. Sepele namun sesuai dengan keterampilan, dan tentunya tidak mengganggu pekerjaan utama. Misalnya, membagikan tips membuat prakarya buatan tangan atau menawarkan jasa desain grafis daring.

- Bagikan pendapat dalam survei

Berbagi opini dalam survei termasuk opsi yang memberikan tambahan penghasilan cukup lumayan. Hal yang perlu Anda lakukan hanya mendaftar di sejumlah situs khusus, kemudian menjawab deretan pertanyaan pada sejumlah survei.

- Pasang iklan di blog

Apabila Anda adalah blogger dengan jumlah pengikut yang cukup banyak, memasang iklan di blog merupakan cara menjanjikan. Gunakan Google Adwords untuk pemasangan iklan di situs dan uang akan didapat setiap kali pengunjung blog mengeklik iklan.

- Browsing tapi dibayar

Jika Anda hobi berselancar daring alias browsing, cara mencari tambahan uang ini sangat tepat. Situs web Qmee dan Inboxpounds, akan membayar seseorang yang bersedia berselancar di internet, termasuk mengeklik iklan, mengunjungi situs, dan membuka surel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement