Sabtu 11 Jan 2020 10:02 WIB

Pascabanjir, 21 Truk Angkut Sampah di Rawa Buaya

Rawa Buaya menjadi lokasi terbanyak sampah pascabanjir.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Pascabanjir, 21 Truk Angkut Sampah di Rawa Buaya. Foto: Petugas mengoperasikan alat berat untuk memindahkan sampah sisa banjir di Jalan Inspeksi Cengkareng Grand, Daan Mogot, Jakarta, Kamis (9/1/2020).
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Pascabanjir, 21 Truk Angkut Sampah di Rawa Buaya. Foto: Petugas mengoperasikan alat berat untuk memindahkan sampah sisa banjir di Jalan Inspeksi Cengkareng Grand, Daan Mogot, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat menjadi lokasi sampah terbanyak di wilayah itu pascabanjir surut. Untuk mengangkut sampah-sampah itu sebanyak 21 Truk diterjunkan.

"Perkiraan saya 21 truk digunakan untuk mengangkut sampah," kata  Sekretaris Komando Tanggap Darurat Bencan Kota Jakarta Barat Muhamad Riadi saat dihubungi Republika, Jumat (10/1).

Baca Juga

Muhamad mengatakan, di Kecamatan Cengkareng, Kelurahan Rawa Buaya yang paling banyak sampahnya, sehingga perlu bantuan petugas dan alat berat untuk mengangkut sampah di pemukiman warga.

"Di kecamatan Rawa Buaya dipusatkan di Jl Darmawanita," katanya.

Menurutnya, saat ini Pememerintah Administrasi Jakarta Barat (Pemkota Jakbar) masih fokus membersihkan sampah-sampah di pemukiman warga. Pemkot belum memiliki agenda evaluasi pascabanjir.

"Setiap kecamatan ada gerakan mebersihkan sampah secara serentak," katanya.

Muhama tidak merinci berapa jumlah personil yang diterjunkan untuk mengangkut sampah di wilayah ini. Menurutnya, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) milik Pemkot Jakbar dikerahkan.

"Jumlahnya tidak tahu pasti. Tapi yang jelas kita full time mulai dari Sudin Bina Marga, Sumber Daya Air (SDA), Lingkungan Hidup (LH) dan PPSU," katanya.

Begitu banyaknya sampah di Rawa Buaya, Sudin LH menurunkan kendaraan alat berat jenis AT untuk mengangkut sampah. Alat-alat berat ini sidah digunakan sejak pagi untuk mengangkut sampah.

"Sampah diangkut mulai dari jam 08.00 WIB," katanya.

Upaya membersihkan sampah ini dilakukan bersama antara warga, SKPD, dan PPSU. Semua bekerja mengangkut sampah sisa banjir, seperti sampah peralatan rumah tangga yang terendam banjir.

"Masyarakat diminta memindahkan sampah-sampah yang ada di gang baru diangkut menggunakan alat berat," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَاِذَا لَقِيْتُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَضَرْبَ الرِّقَابِۗ حَتّٰٓى اِذَآ اَثْخَنْتُمُوْهُمْ فَشُدُّوا الْوَثَاقَۖ فَاِمَّا مَنًّاۢ بَعْدُ وَاِمَّا فِدَاۤءً حَتّٰى تَضَعَ الْحَرْبُ اَوْزَارَهَا ەۛ ذٰلِكَ ۛ وَلَوْ يَشَاۤءُ اللّٰهُ لَانْتَصَرَ مِنْهُمْ وَلٰكِنْ لِّيَبْلُوَا۟ بَعْضَكُمْ بِبَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ قُتِلُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَلَنْ يُّضِلَّ اَعْمَالَهُمْ
Maka apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir (di medan perang), maka pukullah batang leher mereka. Selanjutnya apabila kamu telah mengalahkan mereka, tawanlah mereka, dan setelah itu kamu boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan sampai perang selesai. Demikianlah, dan sekiranya Allah menghendaki niscaya Dia membinasakan mereka, tetapi Dia hendak menguji kamu satu sama lain. Dan orang-orang yang gugur di jalan Allah, Allah tidak menyia-nyiakan amal mereka.

(QS. Muhammad ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement