Sabtu 11 Jan 2020 13:06 WIB

Menkes Minta Masyarakat Waspadai Pneumonia dari China

Menkes meminta warga Indonesia waspada pneumonia apabila bepergian ke China

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta warga Indonesia waspada pneumonia apabila bepergian ke China. Ilustrasi.
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta warga Indonesia waspada pneumonia apabila bepergian ke China. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto meminta warga Indonesia untuk waspada terhadap penyakit pneumonia berat yang terjadi di China. Hingga saat ini penyakit itu belum diketahui penyebabnya.

Dalam siaran pers Kementerian Kesehatan yang dikutip di Jakarta pada Sabtu (11/1), Menkes Terawan merilis beberapa imbauan. Ia mengimbau masyarakat Indonesia yang bepergian ke China menghindari beberapa tempat dan aktivitas yang berpotensi menularkan penyakit tersebut.

Baca Juga

“Hasil pengkajian menunjukkan bahwa penyakit ini bukan disebabkan virus influenza dan bukan penyakit pernapasan biasa. Semua pasien di Wuhan telah mendapatkan pelayanan kesehatan. Kita sudah dapat info mereka juga sudah diisolasi dan dilakukan penelusuran atau investigasi untuk mengetahui penyebabnya,” kata dia.

Terawan menyebut jumlah pasien yang semula 27 orang, sedangkan informasi menyebut terjadi peningkatan menjadi 59 orang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai saat ini tidak melakukan pembatasan perjalanan ke China.