Senin 13 Jan 2020 23:06 WIB

Madiun Andalkan Pompa untuk Atasi Banjir

Madiun memiliki sembilan mesin pompa air.

Red: Nur Aini
Pelajar mengendarai sepeda motor melintasi jalan yang terendam banjir di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (29/4/2019).
Foto: Antara/Siswowidodo
Pelajar mengendarai sepeda motor melintasi jalan yang terendam banjir di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (29/4/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun Jawa Timur akan mengoptimalkan mesin pompa air yang dimiliknya guna mengantisipasi dan mengatasi bencana banjir yang rawan terjadi di wilayahnya selama musim hujan.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun Jariyanto mengatakan secara keseluruhan pihaknya memiliki sembilan mesin pompa air yang terpasang di sembilan titik lokasi.

Baca Juga

"Sembilan mesin pompa air tersebut semuanya aktif. Pompa-pompa tersebut bersiaga selama 24 jam mengantisipasi genangan dan banjir jika sewaktu-waktu terjadi," ujar Jariyanto kepada wartawan di Madiun, Senin (13/1).

Menurut dia, sembilan pompa air permanen tersebut di antaranya terpasang di Jalan Pandan, Jalan Kaswari, Gang Pancasila. Lalu di Kelurahan Madiun Lor, Sogaten, dan Patihan. Selain itu juga terdapat pompa air mobile yang digunakan saat terjadi kondisi darurat. Masing-masing pompa air tersebut rata-rata berkapasitas 1.000-1.500 meter kubik per detik, termasuk pompa air mobile.

"Selain pompa yang terpasang menetap atau permanen, kita juga punya yang mobile. Mobile itu dibutuhkan ketika kondisi darurat," katanya.

Ia menilai jika curah hujan sedang tinggi dan Kota Madiun menerima kiriman air hujan dari wilayah Kabupaten Madiun dan Ponorogo, maka memang harus memaksimalkan pompa-pompa yang ada. Hal itu agar tidak muncul genangan ataupun banjir.

Jariyanto menambahkan, selain memaksimalkan sembilan pompa yang ada, untuk mengatasi banjir di wilayah Kota Madiun, pemkot juga bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Solo. Hal itu untuk mengoptimalkan pengoperasionalan pompa air yang dimilikinya.

Sementara berdasarkan pemetaan BPBD Kota Madiun, daerah rawan banjir di wilayah setempat terdapat di sejumlah kelurahan, di antaranya Kelurahan Tawangrejo, Kelun, Pilangbango, Rejomulyo, Nambangan Kidul, dan Nambangan Lor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement