Rabu 15 Jan 2020 07:56 WIB

Warga Gaza di Palestina Bantu Korban Banjir di Indonesia

Warga Gaza di Palestina menunjukkan kecintaannya kepada Indonesia.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Bantuan dari warga Gaza, Palestina, untuk korban banjir di Indonesia.
Foto: Dok Republika
Bantuan dari warga Gaza, Palestina, untuk korban banjir di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hujan deras di awal tahun 2020 menyebabkan banjir dan longsor di beberapa wilayah Indonesia, seperti di Jabodetabek hingga Banten. Atas musibah tersebut, warga Palestina di Gaza mengumpulkan dana bantuan dan disalurkan untuk korban bencana banjir di Indonesia.

Aktivis Indonesia yang bertugas di Palestina dari Yayasan Nusantara Palestina Center (NPC), Abdillah Onim, mengatakan, bencana banjir kali ini di Indonesia turut menyisakan luka yang mendalam bagi warga Palestina di Gaza. Aksi pengumpulan dana dilakukan warga Gaza semata-mata bentuk kecintaan dan persaudaraan yang erat dengan Indonesia.

Baca Juga

"Meski warga Gaza pun tengah berada dalam keadaan sulit, mereka tetap mau membantu meringankan beban dari korban banjir di Indonesia," kata pria yang akrab disapa Bang Onim ini, saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (14/1).

Dia mencatat dari berbagai informasi yang ia himpun, adapun wilayah yang terdampak parah akibat banjir bandang adalah Desa Sajirah Mekar yang terletak di Kabupaten Lebak, Banten. Sedikitnya, 98 rumah, dua mushala, satu pesantren, dan 58 hektare lahan pertanian rusak diterjang banjir.