Rabu 15 Jan 2020 23:26 WIB

Skuat Timnas U-19 Era Fakhri Husaini tak Dijamin Bertahan

Rizky Ridho Ramadhani mengatakan, harus tetap mati-matian pada seleksi timnas U-19.

Red: Israr Itah
Sejumlah pesepak bola mengikuti seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Sejumlah pesepak bola mengikuti seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Eks pemain tim nasional U-19 Indonesia di era pelatih Fakhri Husaini, Rizky Ridho Ramadhani mengatakan, ia harus tetap mati-matian di ajang seleksi timnas U-19 pada 13-17 Januari 2020.

"Kami tetap mati-matian untuk lolos seleksi. Kami tidak boleh berpuas diri walau sempat mengikuti agenda timnas seperti Kualifikasi Piala Asia," ujar Rizky usai menjalani kegiatan hari ketiga seleksi di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Rabu (15/1).

Baca Juga

Pada November 2019, Rizky merupakan bek tengah timnas U-19 yang turut meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia U-19 2020 setelah menjadi juara grup di kualifikasi. Kala itu, pelatih skuat berjuluk Garuda Nusantara adalah Fakhri Husaini.

Rizky juga membantu Indonesia, yang juga ditangani Fakhri, merebut peringkat ketiga Piala AFF U-18 2019.

Menurut pemain berusia 18 tahun tersebut, pengalaman di level internasional tidak menjamin posisi mereka di skuat timnas U-19 yang saat ini dilatih juru taktik asal Korea Selatan Gong Oh-Kyun dan di bawah pengawasan manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong.

"Kami harus mulai dari nol lagi," kata pesepak bola yang merumput di klub Persebaya Surabaya itu.

Rizky merupakan salah satu dari 60 pemain yang mengikuti diseleksi untuk mengisi posisi timnas U-19.

Seleksi digelar pada 13-17 Januari 2020 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat.

Selain Rizky, ada beberapa nama lain yang juga sempat memperkuat timnas U-19 asuhan Fakhri Husaini dan menjalani seleksi, seperti Amiruddin Bagas, Ernando Ari, Sutan Zico, Hamsa Lestaluhu, Rendy Juliansyah, Mochamad Supriadi, Komang Teguh, dan Muhammad Salman.

Di luar nama itu, pemain timnas U-22 tahun 2019 yang sudah mencicipi banyak pengalaman internasional, yakni Witan Sulaeman juga turut dalam penyaringan.

Seleksi di Wibawa Mukti diawasi langsung oleh manajer pelatih Shin Tae-Yong bersama pelatih timnas U-19 Gong Oh-Kyun serta asistennya Nova Arianto. Asisten pelatih tim nasional senior Indra Sjafri juga terlibat dalam penyaringan pemain tersebut.

Pada tahun 2020, timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19, yang berlangsung di Indonesia, tetapi waktu belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Timnas U-19 diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang bergulir di Indonesia.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement