Jumat 17 Jan 2020 19:32 WIB

Al-Azhar Mesir Sediakan Beasiswa Buat Mahasiswa Jurusan Umum

Beasiswa yang diberikan Al Azhar bersifat penuh.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
 Al-Azhar Mesir Sediakan Beasiswa Buat Mahasiswa Jurusan Umum. Foto:  Kampus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, dilihat dari udara.
Foto: www.cwrl.utexas.edu
Al-Azhar Mesir Sediakan Beasiswa Buat Mahasiswa Jurusan Umum. Foto: Kampus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, dilihat dari udara.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Meski dikenal dengan image perguruan tinggi Islam, Universitas Al-Azhar Mesir nyatanya telah menyediakan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia yang hendak mengambil jurusan umum. Tak hanya Al-Azhar, beasiswa dari instansi lainnya pun tersedia bagi yang hendak mengambil jurusan umum.

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Tazakka yang sekaligus alumni Universitas Al-Azhar Mesir Fakultas Syariah dan Hukum, KH Anang Rizka Masyhadi mengatakan, beasiswa untuk jurusan umum di sana memang tersedia cukup banyak. Terkait beasiswa di jurusan umum ini, umumnya masyarakat Indonesia belum banyak tahu.

Baca Juga

“Sekarang itu sudah mulai banyak beasiswa yang disediakan dari berbagai pihak dari Universitas Al-Azhar Mesir,” kata beliau saat dihubungi Republika, Jumat (17/1).

Berdasarkan catatan yang beliau himpun, terdapat sejumlah beasiswa itu terbagi-bagi kepada lembaga keislaman atau pendidikan yang ada di Indonesia. Beasiswa lewat Kementerian Agama (Kemenag) sebanyak 20 orang per tahun, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 30 orang, 80 orang lewat Pondok Pesantren Modern Gontor, dan 20 orang dari Pemerintah Mesir.