REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan wartawan senior, Ilham Bintang membuat laporan ke Mapolda Metro Jaya. Yusri menyebut, Ilham melaporkan kasus dugaan pembobolan rekening miliknya yang ditransfer ke hampir seratus rekening. Meski demikian, Yusri belum dapat berkomentar lebih jauh terkait laporan tersebut.
"Laporan kan baru dibuat kemarin tanggal 17 Januari 2020. Kita tunggu saja nanti (pemanggilan terhadap Ilham Bintang)," kata Yusri saat dikonfirmasi, Senin (20/1).
Adapun laporan Ilham itu terdaftar dengan nomor laporan LP/349/I/Yan2.5/2020/SPKTPMJ. Ilham pun telah menunjuk Elza Sjarief sebagai kuasa hukumnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, kasus bermula saat Ilham Bintang berada di Australia pada Sabtu (4/1) pagi. Ia mengaku mendapati kartu seluler Indosat miliknya menunjukkan kata 'SOS' dan tidak ada jaringan. Padahal, Ilham sudah membeli paket Roaming untuk digunakan di Australia sejak tiba di Sydney sejak (30/12) pagi.
"Akibat yang timbul sejak penukaran kartu itu, luar biasa besar. Rekening saya di Commonwealth Bank dibobol, sampai untuk menarik uang bilangan kecil saja pun tidak bisa lagi. Di Kartu Kredit BNI saya ada transaksi yang tidak saya lakukan kurun 4,5,dan 6 Januari," kata Ilham Bintang seperti diunggah di akun Facebook pribadinya.
Pembobolan itu baru diketahui Senin (6/1) siang waktu Melbourne. Pihak Commonwealth Bank mengkonfirmasi pembobolan itu pada Ilham Bintang. Ilham dikirimi data sejak Sabtu sampai Ahad terkait transaksi yang terjadi di rekeningnya.
"Pencuri menguras saldo saya dengan cara mentransfer ke hampir seratus rekening. Tidak masuk akal sama sekali. Menunjukkan betapa lemahnya pengawasan bank asing ini, hasil curian leluasa dilayani transfernya seperti membayar cara pay roll gaji karyawan," kata Ilham.
Ilham Bintang pun mengajukan protes ke pihak Bank Commonwealth. Lalu, ia menelusuri ke pihak Indosat soal mengapa kartu simnya tidak berfungsi. Ilham mengaku sempat bicara dengan petugas Indosat bahwa sim-card miliknya rusak, dan untuk penggantiannya, pemilik sim-card harus datang sendiri.
Ilham kemudian berbicara dengan Shavira, VIP Customer Care Indosat setelah beberapa jam. Kemudian, pihak Indosat mengirimi Ilham surat resmi. "Jumat ( 3/1) pukul 21.02 WIB seseorang datang ke gerai Indosat di Bintaro Jaya XChange. Orang tak dikenal itu mengaku Ilham Bintang, meminta ganti simcard, nomor 081680xxxx," ujar Ilham.