Rabu 22 Jan 2020 04:40 WIB

Waspada, Kuku Panjang Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Kuku panjang merupakan tempat yang sempurna bagi kuman dan kotoran untuk tinggal.

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

CEKNRICEK.COM -- Bagi beberapa wanita, kuku panjang dianggap sebagai simbol feminitas dan juga kecantikan. Nyatanya kuku yang panjang itu cukup berbahaya, bahkan bisa jadi sumber penyakit jika tidak dirawat dan diperhatikan kesehatannya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Infectious Disease Society of America mengungkapkan, kuku tangan dengan panjang lebih dari 3 mm dari luar ujung jari akan membawa bakteri berbahaya. Untuk itu, seperti dikutip healthmeup.com, bagi Anda yang sangat suka memelihara kuku diharuskan mencuci tangan dengan sangat baik.

Menurut dr. Carol A. Kauffman, profesor of Internal Medicine dari University of Michigan Medical School, orang yang memiliki kuku panjang juga disarankan untuk mencuci tangan setidaknya 15 detik sampai bersih untuk menghilangkan kuman-kuman yang tak tampak mata.

Baca Juga: Trik Agar Cat Kuku Tidak Cepat Mengelupas

Setiap harinya tangan Anda pasti melakukan kontak dengan ratusan benda. Kita juga menggunakan tangan untuk memasak makanan dan makan. Karenanya, kuku panjang rentan sekali menyebabkan beberapa penyakit karena merupakan tempat yang sempurna bagi kuman dan kotoran untuk tinggal. Karena itu, para ahli kesehatan telah sepakat untuk tetap menjaga kebersihan kuku dan kuku harus dipotong pendek.

Beberapa wanita memang lebih suka dan merasa nyaman dengan kuku yang panjang karena ingin merasa lebih cantik. Mereka juga menghias kuku dengan berbagai cat warna-warni dan manik-manik cantik.

Jika Anda termasuk salah satunya, jangan pernah lalai untuk menjaga kebersihan kuku jika tak ingin bakteri dan kuman jahat masuk ke dalam tubuh.

BACA JUGA: Cek HEADLINE Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement