Kamis 23 Jan 2020 06:37 WIB

BNPB Kirim Dua Truk Andal ke Sukajaya Bogor

Truk itu mempermudah pengiriman logistik bantuan yang mampu menembus medan berat

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Andi Nur Aminah
Suasana perkampungan rawan bencana tanah longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Suasana perkampungan rawan bencana tanah longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan dua truk andal berjenis Gorkovsky Avtomobilny Zavod (GAZ) Sadko ke Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Truk itu untuk mempermudah pengiriman logistik bantuan yang mampu menembus medan berat.

"Truk dengan spesifikasi offroad ini dengan mudah menerjang medan berlumpur, berkemiringan maupun bergenangan," kata Kepala Bidang Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam pesan elektronik yang diterima di Bogor, Kamis (23/1).

Baca Juga

Agus menjelaskan dua truk itu berjenis GAZ Sadko Ural 6x6 dan Sadko Next 4x4. Truk berseri Sadko Ural 6x6 mampu mengangkut beban hingga 6 ton atau berkapasitas 30 orang. "Truk ini juga dapat mengarungi genangan air dengan kedalaman hingga 1,7 meter," jelasnya.

Sementara, sambung Agus, Sadko Next 4x4 memiliki spesifikasi lebih ringan dengan daya angkut 2,5 ton atau berkapasitas 30 orang. Selain itu, kendaraan tersebut dapat meluncur pada kemiringan 31 derajat dan mengarungi genangan air hingga kedalaman 1,2 meter.

Truk tersebut, Agus menjelaskan digunakan dalam operasi penanganan darurat. Keduanya, dia menuturkan, akan dikhususkan untuk pengangkutan logistik bantuan di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor pascabencana banjir bandang dan longsor. "Operasional kendaraan ini di bawah kendali Korem Bogor," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement