Jumat 24 Jan 2020 15:17 WIB

Kemenperin Sambut Baik Rencana Investasi Amazon di Indonesia

Indonesia akan jadi wilayah ke-9 Amazon Web Service Inc di Asia Pasifik.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolanda
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong peningkatan investasi industri digital. Tujuannya memperkuat struktur teknologi di dalam negeri, terutama dalam menopang implementasi industri 4.0 bagi sektor manufaktur. 

Kemenperin menyambut baik rencana investasi Amazon Web Service Inc (AWS) di Indonesia. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita  mengatakan ini diharapkan akan memacu pengembangan sektor manufaktur, startup hingga industri kecil dan menengah (IKM) di Tanah Air untuk bertransformasi ke arah industri 4.0.

Baca Juga

Dalam rangkaian agenda menghadiri Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) 2020 di Davos, Swiss, Menperin Agus melakukan pertemuan dengan Vice President Global Public Policy Amazon Web Service Michael Punke. Perusahaan yang merupakan divisi layanan teknologi milik Amazon tersebut akan membuka kawasan infrastruktur atau AWS region di Jakarta pada akhir 2021 atau awal 2022. 

AWS Jakarta akan menjadi AWS region kesembilan di kawasan Asia Pasifik. Sebelumnya sudah dibuka di Beijing, Mumbai, Ningxia, Seoul, Singapura, Sydney, Tokyo, dan Hongkong.