Sabtu 25 Jan 2020 08:09 WIB

Hanura Siap Dukung Gibran di Solo dengan Syarat

OSO menyebut Hanura siap mendukung siapa saja yang memiliki kemampuan.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Nur Aini
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (tengah)
Foto: Antara/R. Rekotomo
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang menyatakan partainya siap mendukung langkah anak Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka bila melaju di kontestsi Pilkada Solo. Asalkan, Gibran memiliki kemampuan berorganisasi dan mampu memimpin daerah. 

"Kalau kita, pasti mendukunglah siapa yang mau, pasti saya dukung asal memang punya kemampuan di dalam berorganisasi dan memimpin daerah jadi siapapun kita dukung," kata OSO saat ditanya soal peluang Gibran di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (24/1) malam. 

Baca Juga

Di daerah, kata OSO, akan ada pertimbangan dan seleksi yang dilakukan oleh pengurus di daerah untuk melihat calon-calon kepala daerah yang potensial. Setelah itu, DPP akan menentukan dukungannya, termasuk pada Gibran bila ia memang positif bakal maju di Solo. 

Di kesempatan yang sama, OSO juga membela keputusan Gibran yang selama ini dinilai sebagai upaya Jokowi membangun Dinasti Politik. OSO menyebut hal itu tidak benar. 

Eks Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu pun mengklaim Gibran akan melakukan pendekatan pada partai. "Semua calon-calon tu mengadakan pendekatan pada semua partai karena mereka semua mengharapkan semua partai mendukung. Iya dong apalagi hanura," ujar OSO. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pun mengakui peluang berkoalisi dengan Hanura di Pilkada 2020 terbuka lebar. Ia menilai, sebanyak 807 anggota DPRD yang dimiliki Hanura ini menjadi sebuah potensi. Ia menyatakan, PDIP siap bekerja sama.

"Karena kita melihat hubungan yang telah terjalin dengan baik pada pilpres yang lalu, ini menjadi modal dasar dan di antara kami sudah saling memahami personal dan kondisi partai masing-masing," ujar Hasto di JCC Senayan, Jumat (25/1).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاۤءَ فَبَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ سَرِّحُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍۗ وَلَا تُمْسِكُوْهُنَّ ضِرَارًا لِّتَعْتَدُوْا ۚ وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ فَقَدْ ظَلَمَ نَفْسَهٗ ۗ وَلَا تَتَّخِذُوْٓا اٰيٰتِ اللّٰهِ هُزُوًا وَّاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ وَمَآ اَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِّنَ الْكِتٰبِ وَالْحِكْمَةِ يَعِظُكُمْ بِهٖ ۗوَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Dan apabila kamu menceraikan istri-istri (kamu), lalu sampai (akhir) idahnya, maka tahanlah mereka dengan cara yang baik, atau ceraikanlah mereka dengan cara yang baik (pula). Dan janganlah kamu tahan mereka dengan maksud jahat untuk menzalimi mereka. Barangsiapa melakukan demikian, maka dia telah menzalimi dirinya sendiri. Dan janganlah kamu jadikan ayat-ayat Allah sebagai bahan ejekan. Ingatlah nikmat Allah kepada kamu, dan apa yang telah diturunkan Allah kepada kamu yaitu Kitab (Al-Qur'an) dan Hikmah (Sunnah), untuk memberi pengajaran kepadamu. Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Baqarah ayat 231)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement