Senin 27 Jan 2020 05:30 WIB

Foo Fighters dan Alice Cooper Ramaikan 50 Tahun Aerosmith

Malam penghargaan 50 tahun kiprah Aerosmith diramaikan oleh puluhan musisi.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Reiny Dwinanda
Band Aerosmith menjadi
Foto: EPA
Band Aerosmith menjadi "Person of the Year" MusiCares bertepatan dengan 50 tahun perjalanan kariernya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aerosmith belum lama ini merayakan 50 tahun kiprahnya di belantika musik internasional. Untuk menghormatinya sebagai band cadas dengan album paling laris sepanjang masa itu, Alice Cooper, Foo Fighters, dan sejumlah musisi ikut berpartisipasi dalam acara jamuan makan malam dan pertunjukan MusiCares "Person of the Year" di Los Angeles, AS, pada Jumat (24/1).

Acara malam itu dipandu oleh komedian Inggris, Russell Brand, dengan didahului lelucon tentang sejarah kelam band itu terkait penyalahgunaan narkotika. Dia juga berkelakar soal pertambahan usia tiga pendiri Aerosmith, baik itu Steven Tyler, Joe Perry, dan William Hamilton.

Baca Juga

"Ini keajaiban dia masih hidup!" kata Brand saat berbicara tentang Tyler (71 tahun) seperti dilansir Channel News Asia, Ahad (26/1).

Berlanjut pada pertunjukkan, Cooper dan aktor Johnny Deep--yang berkolaborasi dengan gitaris Aerosmith, Joe Perry dalam sebuah supergrup rock, Hollywood Vampires--tampil bergantian dengan puluhan musisi. Penyanyi country LeAnn Rimes, Foo Fighters, penyanyi rock Sammy Hagar, bintang pop Kesha, penyanyi soul John Legend tampil dengan lagu-lagu hit band legendaris itu.

Acara yang diselenggarakan oleh Recording Academy itu merupakan bagian dari kegiatan amal Grammy. MusiCares berhasil mengumpulkan setidaknya sekitar 6 juta dolar AS (Rp 68,45 miliar) sebagai dana bantuan bagi pelaku industri musik yang membutuhkan layanan kesehatan atau kesulitan ekonomi.

Sebagai band lawas yang dibentuk di Boston pada 1970, Aerosmith memadukan hard rock dan blues. Dalam perjalanannya, Aerosmith tak lepas dari banyaknya skandal.

Tyler dan Perry, contohnya, dengan cepat mendapat julukan "Si Kembar Beracun" akibat penggunaan obat-obatan yang sangat banyak hingga akhirnya memicu perselisihan demi perselisihan internal. Bahkan, pada 2009 konflik memanas setelah mayoritas anggota mengancam untuk mengganti penyanyi baru.

"Andaikan aku terjerumus lagi, tentunya aku tak mau itu terjadi, kalian mungkin bisa membantuku berdiri tegak lagi, dan aku sangat mencintaimu untuk itu," kata Tyler kepada hadirin di acara seraya memuji musisi yang terlibat di MusiCares.

Beberapa tembang populer dibawakan dalam acara tersebut. John Legend menyanyikan balada "I Don't Want To Miss A Thing" bersambut tepukan meriah. Lantas, penyanyi pop Kesha mendendangkan lagu "Janie's Got A Gun".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement