Rabu 29 Jan 2020 14:02 WIB

Selama 2019 AS Jatuhkan Tujuh Ribu Bom di Afghanistan

AS telah menjatuhkan 7.423 bom di Afganistan sepanjang 2019

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Serangan bom mematikan di Afganistan. AS telah menjatuhkan 7.423 bom di Afganistan sepanjang 2019. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Serangan bom mematikan di Afganistan. AS telah menjatuhkan 7.423 bom di Afganistan sepanjang 2019. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Amerika Serikat (AS) telah menjatuhkan 7.423 bom di Afganistan sepanjang 2019, naik dari jumlah sebelumnya di 2018 sebanyak 7.362 amunisi. Berdasarkan data Komando Pusat Angkatan Udara AS (AFCENT) jumlah bom yang dijatuhkan pada tahun ini mengalami peningkatan yang sangat tajam sejak 10 tahun terakhir.

AS telah meningkatkan serangan udara sejak Presiden Donald Trump terpilih pada 2016. Sebelumnya pada 2009 di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama, militer AS hanya menjatuhkan 4.147 bom.

Baca Juga

Dilansir Aljazirah, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan kelompok hak asasi manusia telah berulang kali menyatakan keprihatinan atas peningkatan serangan udara oleh pasukan AS dan Afganistan. Serangan udara ini kerap memakan korban sipil.

Pada Ahad lalu, setidaknya tujuh warga sipil termasuk tiga anak-anak tewas dalam serangan udara pemerintah di provinsi Balkh, utara Afganistan. Serangan udara ini memicu protes dari warga setempat.

Pada awal bulan ini lebih dari 60 warga sipil tewas atau terluka dalam serangan pesawat tak berawak AS yang menargetkan komandan kelompok sayap Taliban di provinsi Herat, Afganistan barat. Pasukan NATO di Afganistan menyatakan pihaknya meluncurkan serangan udara defensif untuk mendukung pasukan Afganistan.

Pada Oktober, PBB telah mengantongi laporan tentang serangan udara AS terhadap laboratorium obat-obatan Taliban yang mengakibatkan kematian terhadap 30 warga sipil, termasuk anak-anak. Misi NATO yang dipimpin oleh AS itu membantah klaim tersebut.

Pada paruh pertama 2019, sebanyak 717 warga sipil tewas oleh pasukan pemerintah, termasuk pasukan AS. Angka ini meningkat 31 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Berbagai sumber di lingkaran terdekat menyatakan Taliban telah sepakat untuk mengurangi serangan terhadap pasukan AS dan pasukan pemerintah Afganistan. Sementara AS menuntut gencatan senjata dari kelompok Taliban, sebelum kesepakatan dan negosiasi damai dapat diselesaikan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement