Rabu 29 Jan 2020 17:42 WIB

Pemerintah Tajikistan Ubah Masjid Jadi Bioskop

Sekitar 2.000 masjid dibubarkan di seluruh Tajikistan selama tiga tahun terakhir.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Pemerintah Tajikistan Ubah Masjid Jadi Bioskop. Presiden Tajikistan Emomali Rahmon.
Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Pemerintah Tajikistan Ubah Masjid Jadi Bioskop. Presiden Tajikistan Emomali Rahmon.

REPUBLIKA.CO.ID, DUSHANBE -- Pihak berwenang di kota terbesar kedua di Tajikistan, Khujand, telah memerintahkan agar sebuah masjid besar dan populer di kota itu diubah menjadi sebuah bioskop. Surat kabar Asia-Plus pada 28 Januari lalu mengutip pernyataan kepala departemen budaya di pemerintah daerah provinsi Sughd, Bahtiyor Qosimov, yang mengatakan kota Khujand kekurangan bioskop.

Atas dasar alasan itulah, Masjid Nuri Islom di kota yang terletak di utara Tajikistan akan diubah menjadi bioskop. Masjid yang dapat menampung hingga 5.000 jamaah itu akan dipasang dengan peralatan proyeksi film di bagian aula dan dilengkapi dengan 80 kursi.

Baca Juga

"Selain menampilkan film, kami juga akan mengadakan pertemuan untuk penggemar film. Setelah menayangkan film, orang akan dapat berkumpul dan mendiskusikan apa yang telah mereka tonton. Itulah yang mereka lakukan di Eropa," kata Qosimov, dilansir di Eurasianet, Rabu (29/1).

Bioskop baru itu akan dibuka pada Maret mendatang, bertepatan dengan momen Festival Tahun Baru Persia di Nowruz. Langkah pemerintah Tajikistan mengubah fungsi masjid menjadi bioskop ini menjadi salah satu upaya pemerintah yang semakin menargetkan lembaga-lembaga Islam.